Jakarta, 11/9  (Antara) - Acara akbar Indonesia Business & Development (IBDExpo) 2016 resmi ditutup oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Fajar Harry Sampurno  pada Minggu (11/9/2016) yang menyatakan kebanggaannya dan berterima kasih kepada empat BUMN yang tergabung dalam National Publishing and News Corporation

(NPNC): LKBN Antara, Balai Pustaka (BP), Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) dan Produksi Film Negara (PFN) karena sudah bersedia meluangkan banyak waktu untuk acara ini.

"Acara ini dibuat bukan sekedar ajang pamer Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tetapi menjadi ajang pertanggungjawaban kami terhadap negara dan masyarakat," kata Harry.

Selain itu, Harry juga berharap melalui ajang ini akan membuat BUMN semakin besar sehingga mampu membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan swasta. Meski hanya 102 BUMN yang turut serta dalam acara ini, Harry berharap sinergi BUMN makin kompak.

Menjawab pertanyaan awak media terkait penyelenggaraan IBDExpo pada tahun-tahun selanjutnya, Harry mengatakan, “IBDExpo ke depannya akan tetap dilaksanakan oleh keempat perusahaan yang tergabung dalam NPNC. Selain itu, acara ini juga bisa diselenggarakan di luar Jakarta guna mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.”

Sementara itu, Ketua Panitia IBDExpo 2016 Hempi N Prajudi melaporkan bahwa pameran ini dihadiri setidaknya 43 ribu orang.

"Pada hari pertama dihadiri oleh 10 ribu orang,hari kedua sebanyak 7000 pengunjung, puncaknya pada Sabtu (hari ketiga) sebanyak 17 ribu dan pada hari penutupan, pagi tadi sebanyak 8000 orang," kata Hempi.

Menurut Hempi, jumlah pengunjung sangat tidak terduga. Selain itu, dia juga menyebutkan dalam setiap seminar yang diadakan setidaknya 80% kursi selalu terisi.

IBDExpo 2016 diikuti total 123 perusahaan – 112 diantaranya adalah BUMN - bersama sejumlah mitra binaannya, beberapa BUMD, serta masing-masing satu BUMN dari Malaysia, Singapura, dan Tiongkok.

Selama pameran berlangsung, para pengunjung dari kalangan profesional maupun pelajar dan mahasiswa dapat

menyaksikan dan menggali informasi tentang perkembangan kinerja, inovasi, dan peran BUMN dalam pembangunan melalui program BUMN Hadir untuk Negeri serta komitmen BUMN dalam membangun dan memberdayakan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) Indonesia.

IBDExpo 2016 juga menghadirkan sejumlah side event seperti Kuliah Kementerian BUMN, Business Matching, Sharing Session dengan sejumlah holding BUMN asing, dan BUMN Career Opportunity.

Total 418 transaksi bisnis tersegel selama pameran berlangsung, dan 106 kesepakatan bisnis terjalin melalui side event Business Matching.

 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016