Jakarta (ANTARA News) - Panitia penyelenggara kegiatan pameran Indonesia Business and Development Expo 2016 (IBDExpo 2016) mencatat total keseluruhan pengunjung mencapai 43.000 orang.

IBDExpo 2016 digelar mulai 8 hingga 11 September 2016 di Jakarta Convention Center (JCC). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh National Publishing and News Corporation (NPNC) yang terdiri dari Perum LKBN Antara, Balai Pustaka, Percetakan Negara serta Perusahaan Film Nasional (PFN) dan turut didukung oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Terhitung sejak hari pertama sampai hari terakhir penyelenggaraan IBDExpo 2016, kami mencatat ada sebanyak 43.000 orang yang berkunjung ke pameran ini," kata Ketua Panitia IBDExpo 2016 sekaligus Direktur Komersial, Pengembangan Bisnis dan IT Perum LKBN Antara Hempi N Prajudi di JCC, Jakarta, Minggu.

Menurut dia, jumlah pengunjung tercatat pada Sabtu (10/9) dengan jumlah 17.500 orang. Sedangkan pada hari pertama atau Kamis (8/9) sebanyak 10.000 orang, pada Jumat (9/9) 7.500 orang dan pada hari terakhir yakni Minggu (11/9) 8.000 orang.

"Pengunjung pameran ini terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pebisnis, birokrat dan masyarakat umum. Bahkan, ada kunjungan dari 21 sekolah dengan total 150 siswa yang disponsori oleh sejumlah BUMN pendukung," ujar Hempi.

Lebih lanjut, dia menuturkan selama berlangsungnya kegiatan pameran tersebut, tercatat sebanyak 418 transaksi bisnis dan terjalin sebanyak 106 kesepakatan bisnis melalui side event Business Matching.

Sementara itu, dalam acara penutupan IBDExpo 2016, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengaku bangga dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut.

"Terima kasih atas kerja keras NPNC, sehingga acara ini terselenggara dengan sukses. Kami berharap kedepannya semakin banyak BUMN yang saling bersinergi, bukan hanya dengan sesama BUMN, tetapi juga dengan swasta," ungkap Fajar.

Kegiatan IBDExpo 2016 diikuti oleh total 132 peserta dan sebanyak 102 diantaranya merupakan BUMN, bersama dengan sejumlah mitra binaannya. Selain itu, ada pula BUMN dari luar negeri, antara lain Temasek Singapura, Khazanah Malaysia dan Bank ICBC Tiongkok.

Selain pameran, IBDExpo 2016 juga menggelar beberapa side event, yakni Kuliah Kementerian, Business Matching, PKBL Pitching, Sharing Session dengan sejumlah holding BUMN asing serta BUMN Career Community. 

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016