Semarak Idul Adha pelajar yang mengungsi di Wisma KBRI Ankara

Jakarta (ANTARA News) - Para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sementara tinggal di Wisma Duta KBRI Ankara karena terputusnya beasiswa akibat masalah politik internal Turki mengikuti lomba Cerdas Cermat Islam (CCI) yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara.

Acara tersebut memperoleh antusiasme tinggi dari warga Indonesia yang berada di Ankara, ibu kota Turki itu, kata Fatchul Wachid, seorang mahasiswa Indonesia yang kuliah di Karadeniz Technical University dalam surat elektroniknya yang diterima Antara di Jakarta, Ahad.

"Untuk menyemarakkan hari raya Idul Adha, semua pelajar Indonesia yang mengungsi di Wisma Duta KBRI Ankara serta pelajar-pelajar Indonesia di Ankara turut berpartisipasi menjadi peserta dalam kegiatan tersebut," ujar Fatchul.

Dalam acara final lomba CCI pada Sabtu malam, Duta Besar Indonesia untuk Turki Wardana memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para peserta karena mereka adalah mahasiswa-mahasiswa yang kuliah di jurusan umum, bukan jurusan agama Islam, katanya.

Namun mereka memiliki kapasitas yang luar biasa dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh para juri.

Dubes Wardana menambahkan bahwa kebersamaan keseluruhan 215 pelajar Indonesia yang terputus beasiswanya dalam memperjuangkan nasib untuk terus melanjutkan pendidikannya akan senantiasa membekas dan menjadi sebuah memori yang luar biasa.

"Suatu hari nanti kebersamaan ini akan senantiasa kalian kenang. Bagaimana rekan-rekan bersama-sama melakukan pendataan mahasiswa yang terputus beasiswanya, berjuang mengajukan proposal ke pemerintah pusat dan pemda masing-masing, hingga saling pengertian dan membantu satu sama lain terutama dalam menjaga keamanan rekan-rekan," kata Wardana seperti dikutip Fatchul.

Acara tersebut dibuka dengan ceramah oleh M. Ihsan, Mahasiswa S1 Jurusan Agama Islam Uludag University, Bursa, dan diakhiri dengan penampilan nasyid Islami oleh group nasyid pelajar-pelajar Indonesia.

"Meskipun kita datang dari kota yang berbeda-beda di seluruh Turki, keberadaan kita di wisma ini karena kita tidak ada tempat tinggal sementara, ternyata mampu menyatukan kita dalam sebuah ikatan pertemanan sejati. Mari kita jaga selalu ikatan kekeluargaan kita," kata M. Aufal Marom, mahasiswa S1 Jurusan Agama Islam Karadeniz Technical University.

Selain mengikuti lomba CCI, para pelajar Indonesia itu juga memiliki kegiatan-kegiatan rutin positif seperti senam bersama, kajian-kajian ilmiah, kuliah keislaman, dan turnamen olahraga.

Rangkaian acara Idul Adha akan dilanjutkan pada Senin dengan shalat ied di lapangan wisma dan dilanjutkan dengan silaturahim keluarga besar KBRI Ankara dan masyarakat Indonesia.

Pewarta: Mohammad Anthoni
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar