Jakarta (ANTARA News) - Tigapuluh tiga orang berprestasi menerima penghargaan Upakarti dari pemerintah yang diserahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara di Jakarta, Rabu.

Penghargaan Upakarti, Rintisan Teknologi, dan Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2008 yang diserahkan pukul 10.00 WIB itu terbagi dalam lima kategori, yaitu jasa pengabdian, jasa pelestarian, jasa kepeloporan, jasa kepedulian, dan Usaha Kecil Menengah (UKM) modern.

Pada kategori jasa pengabdian, penghargaan diberikan kepada Cecep M Suherman BP dalam bidang kerajinan fiber dan kawat, jasa pelestarian diberikan kepada Supriyadi dalam bidang kerajinan patung kuningan, kemudian Bukari Wiryo Satmoko dalam bidang batik tulis khas Bakaran, dan I Made Sukma Swacita, dari bidang kerajinan uang kepeng.

Pada jasa kepeloporan, penghargaan diberikan untuk Ruslaini dari kerajinan bordir,  Yayanti Wijaya dari industri konveksi, Aplpha Febela Priyatmono dari bidang industri batik Laweyan, Baji dari industri pertenunan, dan Suranip Abdul dari bidang industri rotan.

Sedangkan jasa kepedulian yang diberikan kepada Bupati/Walikota yang berjasa mengembangkan UKM diraih oleh Walikota Pekanbaru Herman Abdullah,  Bupati Jepara, Hendro Martojo, Buapti Sidoarjo, Win Hendrarso, Walikota Bau-Bau MZ Amirul Tamim, Walikota Sorong Jonathan Annes Jumame.

Untuk kategori UKM Modern diberikan kepada empat perusahaan, yaitu Ferry Lee dari PT Lintas Nusa Pratama, Siswo Pranoto dari CV Sispra Jaya Logam, Imam Ismanto Bakti dari PT Duta Ananda Utama, Yuliana untuk Industri Makanan Ringan dan Brian Sutisna dari CV Grand Shoe Industry untuk Industri Sepatu.

Penghargaan Rintisan Teknologi diberikan kepada lima penerima, yaitu Zunaisan Hariadi dari PT Intisar Primula untuk industri telematika, Budi Permana dari PT Hariff DayaTunggal Engineering untuk industri elektronika, Adik A Soedarsono dari PT PINDAD untuk industri transportasi,Ruddy Soesilo dari PT Asian Auto International untuk industri transportas, dan Dede Chandra dari CV Fortuna Shoes untuk industri aneka.

Sedangkan penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS) diberikan kepada sembilan penerima, yaitu Sudjanto Wijya dari PT Insera Sena untuk Industri Transportasi yang meraih grand Award Special, Selly Sagita dari Borobudur Silver untuk industri perhiasan yang meraih Special-Craftmanship Award.

Penerima IGDS Gold Award adalah Ledie Putri Suwandie dari wonderful Batik & Bordir untuk industri batik & bordir, Lee Kee Ju dari PT LG Electronic untuk Industri elektronika, JB Susanto dari PT Wiransindo Santakarya untuk industri furniture, Mathius Tan dari PT Tiger Mandiri Pratama untuk industri kemasan, Ben Wirawan Sudarmadji dari CV Mahanagari Nusantara untuk industri kemasan, Nikolaus Roy Noviyanto dari PT Charista Printing untuk industri mainan anak-anak, dan Winda Kamdani Mear dari PT Datasript untuk industri furniture.

Penghargaan Upakarti mulai diberikan kepada 1985 untuk mendorong partisipasi masyarakat luas dalam pengembangan UKM. Penghargaan yang telah diberikan kepada 979 penerima itu, menurut Menteri Perindustrian Fahmi Idris, bermanfaat untuk membangkitkan semangat dan motivasi masyarakat dalam pengembangan UKM.

Fahmi Idris mengatakan penghargaan Upakarti, Rintisan Teknolodi, dan IGDS, adalah penghargaan tertinggi pemerintah kepada mereka yang telah berjasa mengembangkan UKM dalam bentuk menciptakan desain baru dan invensi teknologi.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009