Djakarta, 2 September 1952 (Antara) - Wakil Presiden Mohammad Hatta dan Njonja, jang pada 20 Agustus bertolak ke Mekkah untuk menunaikan rukun Islam kelima, pada djam tujuh malam tiba kembali di Djakarta dengan menumpang pesawat KLM.

Di Lapangan Terbang Kemajoran, Hatta disambut para anggota kabinet, pembesar sipil dan militer, serta ribuan rakjat jang sedjak sore hari menanti datangnya Hatta.

Sesuai rentjana, upatjara penjambutan dimulai dengan takbir saat pesawat terbang jang ditumpanginja hendak mendarat. Adjudan wakil presiden bersama pemeriksa rombongan hadji sempat beristirahat sebentar, lalu mengantar Hatta berdjabat tangan dengan tamu, mendengarkan lagu Indonesia Raya, kemudian rombongan wakil presiden meninggalkan lapangan terbang Kemajoran.

Sebelumnja, Mr Kasman Singodimedjo sebagai Ketua Panitia Penghormatan Perdjalanan Hadji sudah pernah bertemu wakil presiden dalam keadaan sehat. Atas nama rakjat, Kasman meminta adanja penjambutan yang meriah namun hal itu tidak dikabulkan Wakil Presiden walaupun itu adalah permintaan spontan dari rakjat.

Wakil presiden sedjak 12 tahun lalu mempunjai tjita2 pergi naik hadji. Itu membuktikan betapa dalamnja niat di dalam hati Wakil Presiden.

Wakil Presiden mengutjapkan terima kasih atas sambutan rakjat jang meriah dan gembira telah kembali ke tanah air. Ia memohon kepada Allah agar seluruh rakjat dilindungiNja sehingga dapat membela Tanah Air dengan sebaik-baiknja.

Sumber: Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter: @perpusANTARA

Pewarta: -----------
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016