Jayapura (ANTARA News) - Puluhan penumpang pesawat Trigana Air rute Jayapura-Wamena mengatakan bahwa pihak Trigana telah membatalkan tiga penerbangan dari Bandara Sentani-Jayapura ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

"Tiga penerbangan ke Wamena hari ini, Selasa (13/9), dibatalkan pascapesawat kargo milik Trigana Air dengan nomor penerbangan PK-YSY tergelincir saat mendarat di bandara Wamena, Selasa sekitar pukul 07.30 WIT," kata Kamelius Logo, salah satu penumpang Wamena-Jayapura, di Jayapura, Selasa.

Kamelius mengaku dirinya ke Bandar Udara Sentani-Jayapura untuk melaporkan keberangkatan ke Wamena pada pukul 06.00 WIT namun setelah melapor, pihak Trigana menyampaikan bahwa tiga penerbangan ke Wamena batal.

"Pihak Maskapai Penerbangan Trigana katakan bahwa penerbangan dari Jayapura ke Wamena dibatalkan," kata Kamelius.

Dia mengatakan, akibat dari pembatalan itu sekitar 20 lebih penumpang yang hendak berangkat ke Wamena terpaksa pulang ke rumah.

"Saya dan peumpang lainnya kecewa karena penerbangan dibatalkan, kami juga kecewa karena tidak difasilitasi dengan baik oleh pihak Tigana," ujarnya.

Ia menambahkan, pihak penerbangan menjelaskan kepada ratusan penumpang bahwa penerbangan Selasa ini semuanya dialihkan ke Rabu.

Pesawat kargo milik Trigana Air dengan nomor penerbangan PK-YSY, tergelincir saat mendarat di bandara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Selasa sekitar pukul 07.30 WIT

Pesawat yang dengan membawa 14.913 ton bahan bakar minyak (BBM) dan dipiloti Jatmiko dan Copilot Joshua serta tehnisi Iwan itu mengalami gagal landing.

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016