Bandar Lampung (ANTARA News) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia  Zulkifli Hasan meninjau Markas Polda Lampung terkait peningkatan tipe Polda Lampung dari tipe B ke tipe A.

"Lampung itu pintu gerbang Sumatera, penduduknya 10 juta lebih, latar belakang beragam pula.  Oleh karena itu saya bantu fasilitasi minta Pak Kapolri, dulu Pak (Badrodin) Haiti, (Wakapolri ketika itu) Pak Budi Gunawan semua sudah setuju, dulu saya juga meminta pada  (Menpan RB saat itu) Pak Yudi, bahwa Polda Lampung harus disesuaikan untuk menghadapi tantangan," kata Zulkifli Hasan saat meninjau Mapolda bersama Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur di Bandar Lampung pada Selasa (13/9/2016).Sebagai tokoh kelahiran Lampung, Zulkifli mengaku turut mendorong agar Polda Lampung ditingkatkan tipenya dari tipe B menjadi tipe A agar lebih leluasa dalam melakukan penanganan kasus-kasus tindak kejahatan.

Zulkifli berharap dengan peningkatan tipe Polda Lampung maka penanganan berbagai kasus kejahatan bisa lebih efektif dan efisien. "Mudah-mudahan ini jangan lama-lama lagi untuk kenaikan tipenya, segera sajalah, selamat sekali lagi pada Pak Kapolda," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda Lampung Brigjen Pol Ike Edwin mencatat tingkat kejahatan di Lampung cukup tinggi dengan luas wilayah yang sangat besar hingga 34 ribu kilometer persegi sehingga peningkatan kualitas perlu dilakukan.

"Lampung memiliki jumlah penduduk terpadat ketujuh di Indonesia, yakni hampir 11 juta jiwa, nomor dua tertinggi se-Sumatera setelah Medan yang 12 juta jiwa, demikian juga dengan gangguan kantibmas yang juga tertinggi, konflik di Lampung enam besar terringgi di Indonesia. Namun enam bulan terakhir kami melakukan beberapa program seperti Anjasilau sehingga konflik antar-suku sudah semakin hilang. Pergerakan orang bisa 2,5 juta ke Lampung dari Aceh oleh sebab itu peningkatan ini sangat diperlukan," katanya.

Dalam kesempatan itu pula dilaksanakan peluncuran layanan masyarakat SOS Call Center Polda Lampung.

SOS Polda Lampung adalah aplikasi yang dapat diunduh di ponsel pintar. Jika masyarakat mengalami gangguan kamtibmas dapat langsung menekan tombol SOS Polda Lampung sebanyak 3 kali.

Jika peringatan diaktifkan maka data masyarakat tersebut langsung masuk ke Command Centre Polda Lampung lengkap dengan alamat dan lokasinya. Petugas akan langsung menghubungi Polres atau Polsek terdekat untuk penanganan kasus.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016