Yogyakarta (ANTARA News) - Mahasiswa Indonesia meraih penghargaan tingkat internasional di Thailand tentang  mitigasi bencana.

"Di sana kami berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal, belajar bagaimana cara mengantisipasi bencana banjir yang kerap melanda daerah Thailand," ujar mahasiswa Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Irvandias Sanjaya sebagai salah satu perwakilan mahasiswa Indonesia yang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam Asian Cooperative Program (ACP) 2016, saat dihubungi ANTARA di Yogyakarta, Jumat.

Ia mengatakan, dua penghargaan yang ia dapatkan adalah sebagai Best Project Presentation dan Best Student.Universitas Gadjah Mada (UGM), yang dilangsungkan di Thammasat University, Thailand.

Menurut dia, kegiatan ACP 2016 merupakan program musim panas yang telah dimulai sejak tahun 2015 lalu.

Kegiatan itu merupakan wujud kerja sama berkelanjutan antara UGM dengan beberapa kampus di kawasan Asia seperti Kansai University of International Studies, Yangoon University of Myanmar dan Thammasat University.

Kegiatan tahun ini mengangkat tema Safety Management dan dikuti sebanyak 33 mahasiswa dari tiga negara, yakni Indonesia, Thailand, dan Jepang. Bangga bisa mengikuti kegiatan ini dan juga meraih dua penghargaan sekaligus, katanya.

Ia menuturkan, bahwa selama mengikuti ACP 2016, seluruh peserta berkesempatan mempelajari studi manajemen keselamatan dan upaya mitigasi bencana. Misalnya, tentang manajemen air dan banjir di Thailand, manajemen bencana dan lingkungan, serta keselamatan kerja.

Selain itu, peserta juga mendapatkan materi tentang manajemen kebencanaan di kelas, seluruh peserta juga melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Thailand.

Beberapa diantaranya seperti kawasan resapan banjir di Bang Krachao dan daerah Amphawa yang dikelilingi dengan banyak sungai besar.

Pewarta: RH Napitupulu
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016