Jakarta (ANTARA News) - Perabotan, perhiasan dan bot koboi adalah beberapa di antara 700 barang pribadi yang pernah dimiliki Presiden AS Ronald Reagan dan istrinya Nancy Reagan, yang akan dilelang di New York, Senin.

“Ini adalah sisi pribadi dari kehidupannya yang sangat publik,” kata Johnathan Rendell dari rumah lelang. “Banyak barang dijual yang dibawa mereka dari California ke Gedung Putih dan kembali ke rumah mereka lagi.”

Nancy Reagan meninggal pada Maret silam, sementara Ronald Reagan meninggal pada 2004. Lelang ini diperkirakan akan mengumpulkan 2 juta dolar AS. Hasilnya akan disumbangkan ke The Ronald Reagan Presidential Foundation and Institute, seperti dilansir Reuters.

Rendell mengatakan pasangan itu hidup sederhana. “Ini bukan gaya hidup mewah. Banyak barang yang berhubungan kegiatan yang mereka lakukan bersama. Hampir semua barang ada pasangannya. Mereka saling setia satu sama lain dan itu benar-benar tampak.”

Di antara barang yang akan dilelang ada bot koboi yang merupakan hadiah dari aktor Rex Allen yang berhias cap presidensial AS, diperkirakan terjual senilai 20.000 dolar AS.
 
Ada pula berlian dan kalung liontin emas berbentuk singa buatan Van Cleef & Arpels yang diperkirakan terjual antara 30.000 dan 50.000 dolar AS.

Koleksi itu dilelang secara online sejak Senin hingga 27 September.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016