Kuala Lumpur (ANTARA News) - Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Ari Purbayanto berpesan agar kontingen Indonesia menjadi duta bangsa dengan mempromosikan budaya Indonesia kepada peserta Jambore ASEAN di Trengganu.

"Jambore ini adalah kesempatan bagi negara ASEAN untuk mengenal Indonesia secara langsung melalui kontingen kita yang ikut serta dalam jambore," ujar Ari yang juga menjabat Wakil Ketua Harian Mabigus Gudep KBRI Kuala Lumpur, di sela-sela Jambore ASEAN ke-5 tahun 2016 di Trengganu, Malaysia, Senin.

Jambore ASEAN akan berlangsung hingga 20 September 2016.

Pada kesempatan tersebut Leader Asia Pasific Scout, ATTY Wiendel E. Avisado mengatakan sekitar 10 ribu kontingen dari 12 negara di kawasan Asia Tenggara mengikuti Jambore ASEAN di Kem Tengku Muhammad Ismail Telaga Batin, Kuala Nerus.

"Jambore ini merupakan sarana untuk membangun kerja sama pemuda-pemuda di kawasan ASEAN sekaligus sebagai ajang bertukar ilmu dan pengalaman kepanduan di negara masing-masing," katanya.

Avisado mengharapkan kegiatan ini dapat memperkaya pengalaman pemuda sehingga dapat menjadikannya sebagai agen perubahan saat kembali ke Tanah Air.

"Pramuka merupakan salah satu cara mencetak generasi bela bangsa yang menjadi duta bagi bangsanya dimana pun mereka berada," tegas Wiendel.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016