Medan (ANTARA News) - Bank Indonesia menargetkan membangun sedikitnya 1.000 gerai "BI Corner" di perpustakaan pada sejumlah sekolah dan perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia.

"Gerai BI Corner untuk sarana edukasi bagi anak muda terkait dengan ilmu-ilmu ekonomi dan kebanksentralan," kata Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumut Difi A Johansyah di Medan, Selasa, di sela-sela peresmian BI Corner di Perpustakaan Politeknik Negeri Medan.

Menurut Difi, dari target 1.000 secara nasional, dewasa ini sudah terbangun 100 lebih gerai.

Di Sumut sendiri, katanya, gerai BI Corner sudah ada sebanyak 15 unit dan diharapkan jumlahnya akan terus bertambah.

Dia menjelaskan, BI Corner merupakan program berkelanjutan BI dengan tujuan edukasi kepada masyarakat.

Adapun sasaran penempatan BI Corner di sejumlah universitas dengan perhitungan sebagai lokasi paling strategis untuk menginformasikan mengenai ekonomi dan perbankan, termasuk kebanksentralan.

"Mahasiswa adalah bagian dari penerus bangsa sehingga pemahaman dan wawasan mahasiswa perlu terus diperluas termasuk soal perbankan," katanya.

Di BI Corner, ujar Difi, para mahasiswa memperoleh beragam informasi ekonomi dan data-data publikasi BI.

Direktur Politeknik Negeri Medan Syahruddin mengatakan, Politeknik mengapresiasi bantuan yang telah diberikan BI tersebut dengan membuka gerai BI Corner.

BI Corner diharapkan dapat meningkatkan kualitas dalam proses belajar dan mengajar di perguruan tinggi tersebut.

"Semakin banyak ilmu yang diperoleh, maka mahasiswa dan bahkan para dosen semakin cerdas dan itu akan membantu menambah sumber daya manusia berkualitas bangsa Indonesia ke depannya," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016