Palangka Raya (ANTARA News) - Pergelaran "Job Matching" sekolah menengah kejuruan 2016 Palangka Raya yang dibuka pada Rabu pagi langsung diserbu para pencari kerja dengan dominasi lulusan SMK.

"Sasaran dalam kegiatan job matching ini ialah seluruh pencari kerja yang ada di kota Palangka Raya terutama para lulusan SMK," kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mahlani.

Acara yang digelar selama dua hari mulai 21-22 September ini bertindak sebagai panitia pihak SMK 3 Palangka Raya. Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Pertemuan Umum Tambun Bungai, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pada acara job matching SMK ini ada 40 yang berpartisipasi, di antaranya industri bahkan perusahaan besar yang bergerak di bidang otomotif, perhotelan, jasa keuangan. Selain itu juga ada usaha makanan, perusahaan media massa dan pengusaha elektronik serta bidang usaha lainnya," katanya.

Dalam acara tersebut selain bursa pencari kerja juga digelar seminar bursa kerja khusus dengan pemateri langsung dari pihak Pembina SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan juga dari pihak Dinsosnaker Palangka Raya.

"Selain untuk menyerap lulusan SMK di dunia kerja, tujuan kegiatan ini juga untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama SMK dengan pihak yang berkecimpung di dunia usaha. Nantinya lulusan SMK juga diharapkan semakin mudah memperoleh pekerjaan," katanya.

Kepala Dinsosnaker Palangka Raya Akhmad Fauliansyah yang mewakili Wali Kota Riban Satia menyambut baik kegiatan tersebut dan diharapkan banyak pencari kerja yang mendapat pekerjaan.

"Sampai saat ini ada seribu lebih warga kita yang mencari pekerjaan. Kegiatan ini diharapkan banyak menyerap lulusan SMK dan para pencari kerja dalam memperoleh kerja," katanya.

Dia meminta para pencari kerja untuk memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya hingga nantinya diterima di perusahaan atau industri yang diinginkan.

Seusai "Job Matching" ini dibuka secara resmi oleh Kadinsosnaker, ratusan pencari kerja yang didominasi pemuda-pemudi memadati lokasi.

Di loket pendaftaran yang terletak di pintu masuk menuju arena terlihat para pencari kerja ini antre untuk mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.

"Kami sudah menunggu dari pagi untuk mencari lowongan yang sesuai dengan kemampuan dan minat," kata Indahsari salah satu pencari kerja yang hadir di lokasi.

Dia yang datang bersama beberapa rekannya pun berharap agar acara seperti ini dapat dijadikan agenda tahunan karena memudahkan dia dalam mencari informasi pekerjaan.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016