Jakarta (ANTARA News) - Pesenam muda dari DKI Jakarta Rifda Irfana Luthfi merebut medali emas cabang olahraga senam nomor artistik perorangan all around (serba bisa) PON) XIX di Sports Center, Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Siswa SMA Ragunan itu meraih prestasi tertinggi setelah mendapatkan 52,499 poin atau unggul 3,5 poin dibandingkan peraih medali perak yaitu atlet asal Jawa Timur, Amalia Fauziah. Sedangkan perunggu direbut atlet Jawa Timur lainnya, Dewi Prahara dengan 47,665 poin.

Bagi atlet berusia 16 tahun ini, emas yang diraih pada PON 2016 adalah yang pertama di PON yang pertama kali diikutinya. Meski baru meraih emas kejuaraan empat tahunan terbesar di Indonesia ini, Rifda sudah terlebih dahulu berprestasi di level Asia Tenggara setelah merebut perak SEA Games 2015 Singapura.

Bagi Rifda, emas yang diraih pada PON 2016 ini sangat istimewa karena diraih dengan usaha keras. Apalagi lawan dihadapi adalah atlet berpengalaman seperti Amalia Fauziah. Selain itu, nomor all around merupakan nomor tersulit karena harus memainkan empat alat.

"Kekuatan lawan merata. Jadi harus hati-hari. Tadi saya sempat tegang karena nomor ini susah. Jika salah satunya salah maka medali bisa saja lepas. Tapi saya bersyukur bisa tampil maksimal," kata Rifda Irfana dalam keterangannya kepada media.

Demi meraih hasil maksimal di PON 2016 atlet senam DKI Jakarta termasuk Rifda melakukan pemusatan latihan di luar negeri diantaranya di Qatar dan Jerman. Jadi tidak salah jika atlet muda ini tidak hanya membidik emas all around namun, juga nomor meja lompat dan lantai.

Khusus untuk dua nomor yang belum dipertandingkan, atlet yang mengenal senam sejak usia enam tahun ini mengaku cukup optimistis mampu merebutnya. Hal tersebut terjadi karena dirinya sudah mengetahui karakter calon lawan yang harus dihadapi.

"Yang jelas saya akan berusaha meraih hasil yang terbaik. Mohon dukungannya," kata Rifda menegaskan.

Hasil PON ini, kata dia, akan dijadikan pijakan untuk meraih prestasi tinggi di kancah internasional. Tidak hanya SEA Games, Rifda juga membidik bisa tampil di Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang hingga akan berusaha keras lolos Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016