Gorontalo (ANTARA News) - Pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim, yang juga petahana Gubernur dan Wagub Gorontalo saat ini dan diusung Partai Golkar serta Partai Demokrat, resmi mendaftar ke KPU setempat, Jumat.

Rusli Habibie saat konferensi pers usai melakukan pendaftaran menjelaskan bahwa dirinya dan Idris Rahim, sudah resmi medaftar ke KPU Provinsi Gorontalo dengan membawa beberapa dokumen persyaratan yang ada.

"Alhamdulillah pendaftaran saya dan Idris Rahim dihadiri langsung ketua DPD Demokrat Provinsi Gorontalo Gusnar Ismail, serta jajaran pengurusnya dan perwakilan DPP Partai Golkar Roem Kono, serta jajaran mulai dari tingkat Provinsi hingga kelurahan/desa," kata Rusli.

Total jumlah kursi di DPRD Provinsi Gorontalo yang mengusung pasangan Rusli-Idris, yaitu sebanyak 16 kursi, dengan rincian Golkar 12 kursi dan Demokrat 4 Kursi.

Persyaratan dari partai pengusung serta syarat calon semuanya telah sah, sesuai ketentuan yang dipersyaratkan oleh KPU.

Sementara itu anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Teknis Penyelenggara, Ahmad Abdullah menjelaskan bahwa dokumen syarat calon sejak diterima sampai tanggal 29 september akan dilakukan verifikasi administrasi.

"Apakah dokumen yang dimaksudkan itu, sudah memenuhi syarat atau tidak. Jika belum lengkap diberikan kesempatan kepada bakal calon untuk diperbaiki pada masa perbaikan syarat calon," jelas Ahmad.

Dari data yang dihimpun ANTARA, hingga saat ini baru 2 pasangan yang mendaftar ke KPU Provinsi Gorontalo, yaitu pasangan Djamrudin Maloho-Mochtar Darise yang maju lewat jalur perseorangan, dan pasangan Rusli Habibie-Idris Rahim dari gabungan partai politik.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016