Jakarta (ANTARA News) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyebut Korea Selatan sebagai negara yang mampu memberi pengaruh terhadap negara-negara lain dengan industri film dan budayanya saat menjadi berbicara di IdeaFest 2016 yang berlangsung di Jakarta, Sabtu.

Wali Kota yang akrab disapa Emil itu menuturkan hampir seluruh keluarganya terkena demam K-Pop, termasuk sang istri Athalia yang menurut dia sangat mengagumi aktor Korea Lee Min Ho.

Lewat invasi industri kreatifnya, Emil menjelaskan, Korea Selatan mampu meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakatnya.

Namun dia juga menyebut sisi gelapnya. Bahwa bersama kemajuan industri kreatifnya, angka bunuh diri negara itu juga tinggi, yang tertinggi kedua di dunia menurut dia.

"Artinya apa, kita kejar kreativitas kita, kita kejar ambisi-ambisi kita, tapi jangan lupakan kemanusiaan, toleransi, pertemanan, solidaritas," katanya.

Kalau nilai-nilai kemanusiaannya memudar, ia mengatakan, maka suatu bangsa hanya akan terlihat kokoh di luar namun rapuh di dalam.

Emil berharap meningkatnya kreativitas generasi muda di Indonesia dibarengi dengan penerapan nilai-nilai kemanusiaan agar Indonesia bisa menjadi negara yang kokoh secara utuh.




Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016