Aden, Yaman (ANTARA News) - Prajurit militer Yaman menewaskan seorang tokoh senior Al-Qaida di Provinsi Abyan di Yaman Selatan pada Senin, kata seorang pejabat keamanan Yaman kepada Xinhua.

Pemimpin cabang Al-Qaida di Yaman, yang diidentifikasi sebagai Abdullah Hubaibat, tewas ketika tentara pemerintah menyerbu sejumlah rumah yang dikuasai petempur Al-Qaida di Loder, Kota kecil di Provinsi Abyan, kata pejabat keamanan itu, yang tak ingin disebutkan jatidirinya,.

Lima orang lagi cedera dalam penyerbuan tersebut.

Hubaibat diduga sebelumnya telah terlibat dalam beberapa serangan bersenjata terhadap pasukan keamanan di Abyan, kata sumber itu.

Dalam dua bulan belakangan, pasukan Pemerintah Yaman melancarkan serangan anti-teror dan mengusir sejumlah pria bersenjata yang memiliki kaitan dengan Al-Qaida dan cabang ISIS yang berpusat di Yaman dari permukiman penting dan kompleks pemerintah di Provinsi Lahj serta Abyan.

Yaman, salah satu negara Arab di Teluk, telah dirongrong oleh salah satu aksi perlawanan kelompok Al-Qaida yang paling aktif di wilayah Timur Tengah.

Al-Qaida di Jazirah Arab (AQAP), yang berpusat di Yaman dan juga di negeri itu dikenal dengan naman Ansar Ash-Sharia, muncul pada Januari 2009 dan mengaku bertanggung-jawab atas sejumlah serangan terhadap lembaga pemerintah dan militer Yaman.

AQAP memanfaatkan kevakuman keamanan saat ini dan perang saudara yang berkecamuk untuk memperluas pengaruhnya dan merebut lebih banyak wilayah di Yaman Selatan.

Keamanan di Yaman telah memburuk sejak Maret 2015, ketika perang meletus antara pengikut kelompok Syiah Al-Houthi --yang didukung oleh mantan presiden Ali Abdullah Saleh-- dan pasukan pemerintah, yang didukung oleh koalisi Arab pimpinan Arab Saudi.

Lebih dari 6.400 orang telah tewas dalam pertempuran darat dan serangan udara sejak itu, banyak dari mereka adalah warga sipil.
(Uu.C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016