Mendes : kebangkitan bangsa melalui BUMDes

Mendes : kebangkitan bangsa melalui BUMDes

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. (ANTARA /Widodo S. Jusuf) ()

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan kebangkitan bangsa dapat dilakukan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

"Jika dana desa ini berhasil, maka semua negara di dunia akan mengadopsi penerapan dana desa yang dilaksanakan di Indonesia saat ini," ujar Eko dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Selasa.

Dana Desa yang sudah tersalur rata-rata Rp600-Rp800 juta, kemudian ditambah dana dari daerah maka setiap desa menerima lebih dari Rp1 miliar.

Eko menjelaskan berapapun besarnya dana yang diberikan, jika tidak diikuti dengan pembentukan badan usaha desa maka hal itu akan sia-sia.

"Bisa jadi nanti akan muncul swalayan desa, pertokoan desa dan lain -lain yang membangkitkan pemberdayaan ekonomi desa," jelas dia.

Desa-desa maju, lanjut dia, memiliki dua ciri utama yakni pertahanan dan keamanan. Meskipun demikian, terdapat beberapa ancaman dalam membangun suatu bangsa.

"Maka kita perlu membuat terobosan dengan membuat suatu usaha yang berdampak besar, bukan butik. Kalau hanya program yang kecil-kecil, tangan negara tidak menjangkau," tambah dia.

Pembangunan desa tidak bisa dari atas ke bawah. Maka, menurut Eko Sandjojo, para kepala desa dan masyarakat yang mengetahui kebutuhannya sendiri.

Kemudian, penanganan pascapanen. Jika tidak ada, maka produk-produk desa harganya menjadi rendah.

"Jadi harga produksi mahal tapi harga jual rendah. Kapan petani desa bisa kaya kalau begini," terang Eko.

Untuk itu, dia mengajak untuk memberdayakan ekonomi desa dengan membuat BUMDES yang fokus pada satu produk. Jika wisata, maka gali dan perdalam potensi terkait dari sisi ekonomi wisata. Begitu pula jika pertanian, perdagangan maupun potensi kelautan atau nelayan.

"Saya yakin jika ini diterapkan maka BUMDES akan besar dan berhasil. Akan cepat sukses. Fokus malah akan memberikan persoalan lebih detail untuk berkembang maju," tukas dia.

(T.I025)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Mendes PDTT sebut 70.546 desa telah salurkan BLT

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar