Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah perajin ternama Indonesia akan turut memamerkan karya unggulan mereka di pameran design and lifestyle internasional Manila FAME, di Pasay City, Filipina, 20-22 Oktober 2016.

Manila FAME akan menyajikan juga Festival Desain Maha Karya Kerajinan ASEAN dengan tema "ASEAN Crafts to the World," kata Alma Argayoso, Perwakilan Dagang Filipina untuk Indonesia, dalam pernyataan pers dari Kedubes Filipina, di Jakarta, Senin.

Pameran terbesar di Filipina ini akan diadakan di World Trade Center dan the Philippine Trade Training Center, serta menampilkan karya para perajin ternama ASEAN seperti Lim Masulin dari Indonesia, Roselyn Long Lah dari Malaysia, Al Valenciano dari Filipina, Tuong Phi Duc dari Vietnam, dan Rush Pleansuk dari Thailand.

Lim Masulin merupakan wirausahawan, desainer interior Indonesia (HDII), inventor, dan pendiri BYO Living serta Chamero Couture, yang banyak berkiprah di bidang ekonomi kreatif.

Arsitek Indonesia Cosmas Gozali dipercaya sebagai kurator pada ASEAN Master Craftsmen Exhibition yang diselenggarakan dalam rangka Manila FAME.

Sebanyak 14 perusahaan Indonesia juga akan turut dalam Manila FAME dengan dukungan dari Kementerian Usaha Kecil dan Menengah (UKM), menurut Alma.

Proyek pameran kerajinan ASEAN tersebut diselenggarakan oleh Persatuan Promosi and Pengembangan Kerajinan ASEAN (AHPADA) dan dibiayai oleh Program Kerja Sama ASEAN dan Korea Selatan Yang Berorientasi Masa Depan.

Berbagai karya kerajinan unggulan seperti mebel, cinderamata, peralatan rumah tangga, asesori kebun, dan berbagai produk fashion akan ditampilkan dalam pameran tersebut.

Manila FAME 2016 berbeda dengan pameran di tahun-tahun sebelumnya karena kali ini akan menempati ruang yang lebih banyak dan lebih luas, buka lebih lama, serta diikuti lebih banyak pengusaha UKM, seniman, desainer, dan menyajikan produk yang lebih beragam.

Pameran dagang yang diselenggarakan ke-64 kali dan termasuk terbesar di Asia dan Pasifik ini akan menempati empat lokasi yang luas, yaitu the World Trade Center (WTC) Main Hall tempat pameran produk home design, the WTC Tent yang khusus menampikan produk fashion dan textile, Philippine Trade Training Center (PTTC) yang fokus pada karya seni dan kerajinan, dan HallONE yang merupakan tempat Pekan Desain Filipina.

Berlangsung dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan Oktober, Manila FAME akan buka dari pukul 09.00 pagi hingga 07.00 malam waktu setempat, atau satu jam lebih panjang dari sebelumnya pada pukul 06.00 petang.

Manila FAME, yang diselenggarakan oleh Pusat Untuk Misi dan Pameran Dagang Internasional (CITEM), Departemen Perdagangan dan Industri Filipina, telah mendapat pengakuan resmi dari the Union des Foires Internationals (UFI), atau Asosiasi Industri Pameran Global, yang berpusat di Paris, dan dibentuk 90 tahun lalu di Milan, Italia.

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016