Jakarta (ANTARA News) - Google berkolaborasi dengan HTC, tim yang sama yang membawa Android Phone dan Nexus pertama, akhirnya resmi meluncurkan smartphone terbaru Google Pixel dan Pixel XL.

Pixel dan Pixel XL masing-masing mengusung layar berukuran 5 inci dan 5,5 inci. Keduanya telah dibekali layar AMOLED dengan resolusi 1080p (441ppi) untuk Pixel dan QHD (534ppi) untuk Pixel XL. Keduanya juga memiliki kapasitas baterai yang berbeda yaitu 2.770mAh untuk Pixel dan 3.450mAh untuk Pixel XL.

Di luar itu, kedua ponsel itu juga memiliki kesamaan yaitu dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 821 dan Android 7.1 Nougat terbaru. Untuk kamera, keduanya dilengkapi dengan sensor 12MP dengan f/2.0 aperture.

Google Pixel dan Pixel XL memiliki pilihan memori penyimpanan yang sama 32GB (bagi mereka yang menggunakan Google Photos dan Play Music) dan 128GB (bagi mereka yang lebih memilih cara menyimpan data mereka secara online).

Kedua ponsel tersebut juga telah mendapatkan memori penyimpanan tanpa batas pada Google Photos dengan resolusi foto asli. Keduanya juga hadir dengan RAM 4GB (lebih baik dari Nexus 6P).

Sementara HTC memiliki ponselnya sendiri, merek ponsel Pixel hanya memiliki logo Google. Ponsel tersebut juga dibekali dengan semua layanan Google mulai dari layanan pesan, layanan cloud hingga asisten AI.

Google juga semakin percaya diri dengan perangkatnya sendiri di mana ponsel Google dapat terhubung dengan router Google dan media player Google.

Merek Pixel memulai debutnya dengan Chromebook, kemudian berkelana ke Android dengan tablet Pixel C. Kedua ponsel Pixel dan Pixel XL akan ditawarkan dengan harga mulai dari 649 dolar AS atau sekitar Rp 8,4 juta.

Pre-order di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada dan Jerman telah dimulai, sementara di India akan dimulai pada 13 Oktober dengan penjualan resmi dijadwalkan pada 20 Oktober. Ponsel tersebut akan tersedia dalam pilihan warna Quite Black, Very Silver dan Really Blue (hanya eksklusif di AS), demikian GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016