counter

Penulis lagu "Thriller" Michael Jackson meninggal dunia

Penulis lagu "Thriller" Michael Jackson meninggal dunia

Aksi The Jacksons saat tampil di SoundsFair (Monalisa)

Jakarta (ANTARA News) - Rod Temperton, penulis lagu berjudul "Thriller" dan "Rock" milik Michael Jackson meninggal dunia di usia 66 tahun.

Temperton meninggal karena kanker pekan lalu, menurut Jon Platt, Ketua dan Kepala Eksekutif Produksi Musik Warner/Chappell dilansir Skynews.

"Keluarganya benar-benar sedih dan meminta kabar ini dirahasiakan," kata Platt, menambahkan bahwa pemakaman itu bersifat pribadi.

Temperton, yang juga produser rekaman dan pemain keyboard ini memulai karirnya sebagai anggota dari grup band disko bernama Heatwave.

Untuk bandnya, ia menulis sebuah lagu terkenal berjudul Always And Forever and Boogie Nights pada 1970-an.

Sepanjang kariernya, ia juga bekerja sama dengan para penyanyi internasional seperti Anita Baker, George Benson, Herbie Hancock, Aretha Franklin, Brothers Johnson dan Mariah Carey.

Namun, dia terkenal karena karyanya untuk Michael Jackson.

Dia menulis lagu "Off The Wall", album yang diakui sejak 1979,kemudian "Thriller", ia juga yang memberikan judul lagu dan albumnya.

"Saya menulis dua atau tiga ratus judul dan menjadi 'Midnight Man'. Saya terbangun keesokan harinya dan saya mengatakan kata ini, Thriller," kata Temperton pada suatu kesempatan.

"Sesuatu di kepala saya berkata, 'Ini dia judulnya'. Anda bisa membayangkannya berada di puncak tangga lagu Billboard," lanjutnya.

"Thriller", dirilis pada 1982, tetap menjadi album terlaris sepanjang masa. Temperton dikatakan telah datang dengan sebagian judul lagu besar.

Judul besar lainnya adalah "Give Me The Night" dan "Sweet Freedom".

Perton juga menerima nominasi Oscar dengan Lionel Richie dan Quincy Jones untuk sebuah lagu "Blues Nona Celie", mereka menulis untuk film "Steven Spielberg The Color Purple".

Pria kelahiran Cleethorpes, Lincolnshire, Ini menjauh dari pusat perhatian, meskipun sukses besar dengan kepemilikan properti di seluruh dunia, termasuk di Mulholland Drive, komplek perumahan mewah para artis.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar