Tanjungpinang (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri akan membawa 25 duta besar untuk menghadiri Festival Bahari Kepri 2016 jika Dinas Pariwisata Kepulauan Riau menyanggupinya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau (Kepri) Guntur Sakti, di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan dalam waktu dekat dirinya akan mengikuti rapat di Kemenlu untuk membahas rencana kehadiran 25 duta besar tersebut.

"Kami sangat merasa bangga, terhormat dengan kehadiran 25 duta besar ini, tetapi kami belum menyatakan sanggup, karena ada sejumlah persoalan yang harus ditangani," katanya.

Guntur mengemukakan persoalan itu berhubungan dengan pagu anggaran dan fasilitas yang tersedia di Tanjungpinang. Sampai saat ini, belum dapat diputuskan di hotel apa duta besar itu akan bermalam.

"Tentu ini butuh penyesuaian, karena yang hadir itu pejabat penting, yang dapat membantu mengembangkan pariwisata di Kepri," ujarnya.

Selain persoalan itu, Guntur juga akan menggelar rapat dengan Kementerian Pariwisata untuk membahas persiapan pelaksanaan Festival Bahari Kepri dalam rangka Sail Selat Karimata 2016.

Kementerian Pariwisata selama ini membantu secara maksimal agar Festival Bahari Kepri berjalan maksimal.

"Bantuan dari Kemenpar sangat besar agar Festival Bahari Kepri terlaksana secara maksimal," ujarnya.

Guntur tadi siang memimpin rapat pematangan pelaksanaan Festival Bahari Kepri. Rapat tersebut salah satunya membahas persiapan saat puncak acara.

"Puncak acara 29 Oktober 2016, akan banyak agenda penting yang dilaksanakan," katanya.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016