Jakarta (ANTARA News) - HP memperkenalkan HP Z240, workstation terbaru untuk bisnis mikro dan menengah, seperti perusahaan desain, studio produksi video dan firma arsitektur.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA News, Kamis, HP menyebut bahwa workstation tersebut merupakan solusi cepat dengan kemampuan pemrosesan kuat yang dikemas pada perangkat yang hanya sebesar tas kerja.

Generasi ketiga desktop tower workstation dari HP tersebut dilengkapi dengan kecepatan pemrosesan sebesar 4,2 GHz, peningkatan dua digit dibandingkan dengan produk generasi sebelumnya.

Dengan kapasitas memori yang lebih besar dan tambahan software penerima, perangkat tersebut dapat terhubung dengan lingkungan Apple, Linux dan Windows.

Generasi ketiga Z240 workstation itu menawarkan sejumlah fitur, diantaranya slot M.2 terintegrasi untuk ekspansi kartu dan konektor yang memungkinkan penggunaan slot PCIe untuk HP Z Turbo Drives atau perangkat-perangkat lainnya, misalnya Thunderbolt.

Selain itu, workstation tersebut juga dibekali prosesor Intel, kartu grafis NVIDIA atau AMD, memory hingga 64 GB DDR4 ECC, dan dua pilihan HP Z Turbo Drives, serta pilihan sistem operasi Windows 7, Windows 10 atau Linux.

Komponen-komponen Z240 juga telah mendapatkan sertifikasi ISV, setelah melewati 368.000 jam pengujian kualitas yang berarti bahwa Z240 tidak hanya dapat bekerja dengan aplikasi-aplikasi software profesional, tetapi juga didesain sebagai solusi yang “ramah anggaran” dalam jangka panjang.

Dalam pengujian internal, HP mengklaim HP Z240 bekerja 13 persen lebih cepat dengan Autodesk Revit dan 12 persen lebih cepat dengan AutoCAD -- dua aplikasi utama bagi para desainer dan insinyur.

HP Z240 telah tersedia di Indonesia Oktober 2016 dengan harga mulai dari Rp 29.000.000.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016