Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 234 peserta dari delapan negara berpartisipasi pada Pesta Olahraga Rekreasi Dunia atau TAFISA Games 2016 khususnya cabang ice skating yang digelar di BX Rink, Bintaro Jaya Exchange Mall Tangerang Selatan, Jumat.

Delapan negara yang berpartisipasi tersebut adalah Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Finlandia, Jerman, Singapura, Jepang dan tuan rumah Indonesia. Adapun kategori yang dilombakan adalah figure skating, ice hockey dan short track speed skating.

Ketua Ice Skating Campetition and Exhibition TAFISA Jihan Saikhlia mengatakan ice skating merupakan olahraga yang sedang berkembang di Indonesia. Keikutsertaan ice skating dalam kejuaraan bergengsi ini untuk semakin mengenalkan olahraga musim dingin pada masyarakat.

"Semoga ke depan masyarakat tertarik untuk menjadi atlet mewakili Indonesia di kompetisi Internasional," kata Jihan Saikhlia.

Meski menjadi tuan rumah, Indonesia tidak membebankan target yang tinggi pada atletnya. Namun, berbekal atlet berpengalaman dan sudah merasakan prestasi internasional seperti kategori U-14 yang sebelumnya menjadi juara di Malaysia diharapkan mereka memberikan hasil maksimal.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi di sela pembukaan cabang ice skating TAFISA Games 2016 mengaku memberikan dukungan penuh kepada atlet yang bertanding. Melalui kejuaraan ini orang nomor satu di Kemenpora itu berharap cabang olahraga ini makin dicintai masyarakat.

"Indonesia tidak ada musim dingin untuk bermain skating, tetapi saya melihat bahwa banyak anak-anak Indonesia yang ada di beberapa kota melakukan terobosan yang begitu keras untuk menjadi atlet skating yang hebat. Semoga kejuaraan ini mampu melahirkan atlet berprestasi" kata Menpora.

Pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu menjelaskan, cabang olahraga ice skating ini tidak hanya dilatih dalam hal teknik, namun juga masalah kedisiplinan. Untuk itu, kesempatan yang ada harus dimanfaatkan dengan baik. Apalagi, atlet Indonesia sudah mampu bicara ditingkat internasional.

"Buktinya, mereka bisa berhasil menjadi juara di beberapa exhibition dan kompetisi di level Asia maupun dunia. Sesungguhnya ini tidak lepas dari peran orang tua dan masyarakat terutama pemerintah untuk mendorong agar ke depan semakin banyak lagi anak-anak Indonesia mencintai ice skating," katanya menambahkan.

TAFISA Games 2016 sesuai dengan rencana akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, Sabtu (8/10). Ada peserta dari 74 negara yang akan menampilkan olahraga masyarakat dan rekreasi itu.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016