Suzuka (ANTARA News) - Pemuncak klasemen pebalap Nico Rosberg mengamankan posisi start terdepan untuk Grand Prix Formula 1 Jepang, Sabtu, setelah mengungguli rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton, pada sesi kualifikasi.

Rosberg memimpin pada setiap sesi menjelang balapan akhir pekan ini dan memastikan superioritasnya di Sirkuit Suzuka dengan mengukir catatan waktu tercepat satu menit 30,647 detik, lebih cepat 0,013 detik dari Hamilton pada sore yang mendung.

"Pada akhirnya, saya senang dengan hasilnya," kata Rosberg kepada wartawan seperti dikutip Reuters.

Pole position ke-30 Rosberg sepanjang karirnya ini adalah yang ketiga secara beruntun bagi pebalap Jerman ini di Suzuka. Saat bersamaan, Mercedes, yang mengamankan gelar konstruktor untuk ketiga kalinya berturut-turut, Minggu, mengklaim tempat pertama pada grid untuk ke-52 kalinya dalam 54 balapan terakhir.

Memulai balapan dari depan juga memberi kesempatan emas bagi Rosberg untuk memperbesar keunggulan 23 poinnya atas juara bertahan Hamilton, dengan empat balapan tersisa setelah Jepang.

Pebalap Britania itu nyaris kembali ke posisi teratas pada balapan terakhir di Malaysia sampai harus menepi karena gagal mesin ketika berupaya mencatatkan kemenangan ke-50-nya dengan 16 putaran tersisa dari finis.

(H-RF/I015)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016