Manado (ANTARA  News) - Film "Salawaku" yang disutradarai Pritagita Arianegara meraih Piala Dewantara Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016 untuk kategori film panjang bioskop, di Manado, Sabtu.

Film yang diproduksi "Kamala Films" tersebut menyisihkan beberapa nominasi seperti "Athirah" (Sutradara Riri Riza, Produksi Miles Film), "Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara" (Sutradara Herwin Novianto, Produksi Film One Production), "Surat Cinta Untuk Kartini" (Sutradara Azhar Kinoi Lubis, Produksi MNC Pictures), dan "The Window" (Sutradara Nurman Hakim, Produksi Triximages dan Dash Pictures).

Sedangkan untuk kategori film panjang non-bioskop dimenangkan "Istirahatlah Kata-Kata" yang disutradarai Yosep Anggi Noen, diproduksi Kawan Kawan Film, Yayasan Muara, Partisipasi Indonesia dan Lima Enam Films.

Film ini menyisihkan "Kolong Langit (Sutradara Ferdianto dan Pohan Liem, Produksi GMCC), dan "Ziarah" (Sutradara BW Purbanegara, Produksi BW Purbanegara).

Penyerahan Piala Dewantara AFI 2016 untuk kategori film panjang bioskop dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016