Suzuka, Jepang (ANTARA News) - Nico Rosberg memperkuat cengkeramannya dalam perebutan gelar juara Formula One dengan kemenangannya di Grand Prix Jepang, Minggu.

Kemenangan pertama pebalap Jerman itu di Suzuka juga membantu Mercedes mengklaim mahkota pembina ketiga berturut-turut menurut warta kantor berita Reuters.

Rosberg, yang mulai dari posisi terdepan, tidak pernah benar-benar mendapat ancaman serius selama balapan.

Dia memperbesar keunggulannya atas Hamilton menjadi 33 poin secara keseluruhan menyusul kemenangan kesembilannya dalam balapan musim ini.

Dan dengan empat putaran balapan tersisa, pebalap 31 tahun itu bisa mengklaim gelar juara tanpa butuh kemenangan dari balap lainnya.

Hamilton berusaha mencetak hatrik di Suzuka guna mempertahankan gelar juara setelah dipaksa mundur dalam balap terakhir di Malaysia, namun peluangnya untuk menang pupus dalam hitungan detik.

Pebalap Inggris itu tak mampu mengkapitalisasi posisi awal di baris depan saat dia meninggalkan start dan mendapati dirinya merana turun di peringkat delapan ketika mencapai Turn One saat rekannya dari tim Mercedes hilang dari horison.

Sebastian Vettel dari Ferrari, yang mulai dari posisi keenam karena penalti akibat melangsir Rosberg saat  start di Malaysia, mencapai finis di urutan keempat.

Rekan satu timnya, pebalap Finlandia Kimi Raikkonen yang mulai dari posisi kedelapan setelah kena penalti, sampai finis di urutan kelima.

Sementara Daniel Ricciardo, juara di Malaysia sepekan lau, sampai di urutan keenam dengan kendaraan Red Bull dia.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016