Gianyar (ANTARA News) - Tim sepak bola Persiba Balikpapan berhasil mengalahkan tuan rumah Bali United dengan skor 2-1 dalam ajang Torabika Soccer Championship (TSC) di Stadion Kapten I Wayan Diptha, Gianyar, Bali, Minggu malam.

Tim Persiba Balikpapan berhasil mencetak gol cepat pada babak pertama melalui sepakan Asnawi Mangkualam pada menit ke-3 yang tidak mampu diantisipasi penjaga gawang Bali United Rully Desrian.

Tertinggal satu gol, Bali United berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Fadil Sausu pada menit ke-39, dimana tendangan itu mengarah keras ke pojok kiri penjaga gawang Persiba Balikpapan yang dijaga Alvonus Kelvan.

Babak kedua, Persiba mendapat hadiah penalti dari wasit, karena penjaga gawang Bali United Rully Desrian menjatuhkan Maycon Rogerio diarea terlarang. Kemudian, eksekusi penalti yang dilakukan Shohei Matsunaga mampu dituntaskan dengan baik dengan berhasil mencetak gol pada menit ke-57.

Tuan rumah berusaha mengejar ketertinggalan dalam laga kedua itu dan beberapa peluang sempat didapat Bali United di depan gawang Persiba Balikpapan.

Hingga wasit Wendy Umar Senoaji asal Yogyakarta meniup peluit panjang skor bertahan 2-1 untuk kemenangan tim tamu Persiba Balikpapan.

Atas kemenangan itu, Persiba Balikpapan berhasil mencuri tiga poin dalam laga tandang melawan tuan rumah Bali United.

Dalam laga itu, wasit mengeluarkan satu kartu merah untuk pemain Bali United Hasyim Kipuw pada menit ke-86, karena menendang kaki kaki pemain Persiba Balikpapan Asnawi Mangkualam.

Kemudian, tiga kartu kuning yang masing-masing diberikan untuk pemain Persiba Balikpapan yakni Kurniawan Karman pada menit ke-22 dan Asnawi Mangkualam pada menit ke-86. Kartu kuning untuk pemian Bali United diberikan Made Wirahadi pada menit ke-31.

Pelatih Persiba Balikpapan Jaino Matos mengatakan, target timnya datang ke Pulau Dewata untuk mencuri poin dan memenangkan pertandingan melawan Bali United.

"Tim kita memiliki jiwa besar, memiliki semangat tinggi dan memang sejak awal kemauan tim kita mampu mengalahkan Bali United," ujar Jaino singkat.

Ia mengakui, hasil kemenangan tim anak asuhnya melawan Bali United patut disyukuri dan keberhasilan ini sebagai motivasi timnya menghadapi laga berikutnya.

Sementara berbeda dikatakan Pelatih Bali United Indra Sjafri mengakui kecewa dengan para pemainnya yang kurang kosentrasi dalam mengantisipasi serangan balik dari Persiba Balikpapan.

"Pemain kita kurang kosentrasi dan kurang sabar saat memanfaatkan peluang sehingga belum berhasil memenangkan laga hari ini," ujarnya.

Pemain Bali United Syakir Sulaiman mengaku sudah bekerja keras menunjukkan penampilan terbaiknya.

"Kita berusaha untuk memenangkan laga hari ini, namun memang kita akui lawan lebih siap dalam pertandingan hari ini," ujar Syakir.

Pewarta: I Made Surya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016