Timika (ANTARA News) - Duta Besar Vatican untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi melakukan kunjungan kerja pastoral selama empat hari di Keuskupan Timika dan Keuskupan Agats Asmat, Provinsi Papua.

Sekretaris Jenderal Keuskupan Timika Pastor Bernard SCJ di Timika, Selasa, mengatakan kegiatan utama Dubes Vatican selama berada di Keuskupan Agats Asmat yaitu menghadiri acara misa pemberkatan sekaligus peresmian museum baru ukiran Asmat yang dibangun oleh Keuskupan Agats-Asmat bekerja sama dengan Pemkab setempat.

Pemberkatan dan peresmian museum baru ukiran Asmat tersebut merupakan puncak acara Pesta Budaya Asmat 2016 yang digelar sejak 6 Oktober 2016 di Kota Agats, ibu kota Kabupaten Asmat.

"Dubes Vatican tiba di Timika pada Senin (10/10) pagi dan melanjutkan penerbangan ke Asmat untuk mengikuti kegiatan di sana. Selanjutnya Dubes akan kembali ke Timika pada Selasa siang dalam rangka kunjungan kegembalaan dan menemui umat Katolik di Keuskupan Timika," kata Pastor Bernard.

Selama berada di Timika, Dubes Vatican akan menggelar pertemuan dengan seluruh tim pastoral Keuskupan Timika yang datang dari berbagai paroki dan unit karya di wilayah pedalaman mulai dari Biak, Serui, Nabire (Dekenat Teluk Cenderawasih), Dekenat Paniai, Dekenat Kamu-Mapia, Dekenat Moni-Puncak Jaya dan Dekenat Mimika-Agimuga.

Pertemuan tersebut berlangsung di Aula Rumah Transit Kantor Keuskupan Timika (Bobaigo) Jalan Cenderawasih SP2 Timika pada Selasa petang.

"Duta mau menyampaikan semacam animasi atau memberi penyemangatan kepada para petugas pastoral gereja untuk berkarya dengan tetap memperhatikan hal-hal aktual atau perkembangan situasi terkini di lingkungan karya mereka masing-masing. Semua petugas pastoral baik pastor, biarawan-biarawati dan tokoh-tokoh umat dari pedalaman sudah berada di Timika dalam satu dua hari terakhir untuk menghadiri kegiatan itu," jelas Pastor Bernard.

Selanjutnya pada Rabu (12/10), Dubes Vatican akan mengunjungi beberapa karya pastoral Keuskupan Timika seperti Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika, sekolah dan asrama Seminari Yohanes Paulus II di Kampung Karang Senang SP3 Timika.

Pada Rabu (12/10) petang, Dubes Vatican akan menghadiri perayaan misa pentahbisan empat orang diakon atau calon imam projo Keuskupan Timika bertempat di Gereja Katedral Tiga Raja Timika. Acara tersebut sekaligus memperingati enam tahun perayaan konsekrasi Gereja Katedral Tiga Raja Timika.

"Dubes akan kembali ke Jakarta pada Kamis (13/10)," jelas Pastor Bernard.

Menurut Pastor Bernard, dalam kunjungannya kali ini Dubes Vatican tidak memiliki agenda khusus melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkab Mimika maupun manajemen PT Freeport Indonesia.

Kunjungan kerja Mgr Antonio Guido Filipazzi ke Keuskupan Timika dan Keuskupan Agats Asmat merupakan yang pertama kali sejak secara resmi diangkat sebagai Dubes Vatican untuk Indonesia oleh Paus Fransiskus sekitar tiga tahun silam menggantikan Mgr Leopoldo Girelli yang kini bertugas di Vietnam.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016