Merida, Venezuela (ANTARA News) - Tim nasional Brasil berhasil meraih kemenangan penting saat melawat ke Stadion Metropolitano de Merida, Venezuela, Rabu, dengan mengalahkan tuan rumah 2-0 dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Kemenangan yang diraih tim besutan Tite Leonardo itu mengantarkan mereka merangsek ke puncak klasemen sementara dengan raihan 21 poin dari 10 pertandingan yang sudah dijalani.

Brasil berhasil menggeser Uruguay (20) yang di laga lain yang berlangsung lebih awal tertahan imbang 2-2 dalam kunjungan ke Kolombia.

Penyerang Palmeiras, Gabriel Jesus, dan penyerang sayap Chelsea, Willian, menjadi penentu kemenangan Brasil di laga tersebut dengan masing-masing mencetak satu gol.

Brasil yang tampil tanpa diperkuat Neymar, karena pada laga sebelumnya mengalami luka di pelipisnya, tetap bermain atraktif dan menyerang awal pertandingan.

Delapan menit laga berjalan sebuah kesalahan fatal dari penjaga gawang Daniel Hernandez harus dibayar mahal, saat ia terburu-buru melakukan umpan yang justru menggulirkan bola ke arah Gabriel. Sebaliknya Gabriel menyambutnya dengan tendangan cungkil penuh percaya diri demi mengelabui Hernandez sekaligus membawa Brasil unggul 1-0.

Menit 32 Brasil hampir memperbesar keunggulan saat kerja sama Gabriel dan Renato Augusto, diakhiri dengan sebuah tendangan keras yang masih tipis menyamping dari sasaran.

Delapan menit memasuki babak kedua, Brasil akhirnya menggandakan keunggulan mereka setelah barisan pertahanan Venezuela lalai mengantisipasi umpan tarik Renato dan membiarkan Willian tanpa kawalan demi menyelesaikan dengan tendangan sentuhan pertama yang tak mungkin mampu diantisipasi Hernandez.

Laga tersebut juga sempat diwarnai penundaan akibat lampu-lampu di stadion mati pada menit 75. 10 menit berselang lampu kembali menyala dan Venezuela berusaha mencetak gol balasan.

Meski demikian sebuah penyelamatan gemilang dilakukan penjaga gawang Brasil Alisson atas bola tandukan Salomon Rondon menyambut sebuah umpan silang pada menit 89.

Berikut susunan pemain kedua tim menurut laman resmi FIFA.

Venezuela (4-4-2): Daniel Hernandez Santoz (PG); Roberto Rosales, Wilker Angel, Jose Manuel Velazquez, Rolf Feltscher; Juanpi (Alejandro Guerra), Arler Flores (Yangel Herrera), Tomas Rincon, Adalberto Penaranda (Romulo Otero); Josef Martinez, Salomon Rondon
Pelatih: Rafael Dumadel

Brasil (4-3-3): Alisson (PG); Dani Alves, Marquinhos, Miranda, Filipe Luis; Paulinho, Fernandinho, Renato Augusto; Willian (Taison), Gabrial Jesus, Philippe Coutinho (Giuliano)
Pelatih: Tite Leonardo

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016