Jakarta (ANTARA News) - Sutradara Martin Scorsese dan Kiyoshi Kurosawa terpilih sebagai penerima Samurai Award 2016, sebuah penghargaan yang diberikan kepada para pembuat film atas karya dan kiprahnya yang luar biasa.

Dikutip dari keterangan tertulis Festival Film Internasional Tokyo (TIFF) yang diterima di Jakarta, Rabu, seremoni pemberian penghargaan Samurai Award akan digelar pada 3 November saat acara penutupan TIFF ke-29 di Tokyo.

Sutradara Kiyoshi Kurosawa akan datang untuk menerima penghargaan tersebut, sementara Martin Scorsese tidak dapat hadir karena kesibukannya.

Martin Scorsese telah diakui sebagai pembuat film yang berpengaruh. Pada 1976, ia menerima Palme d'Or di Festival Film Cannes untuk film arahannya "Taxi Driver" dan pada 2006, ia menyabet penghargaan Oscar sebagai sutradara terbaik lewat "The Departed".

Scorsese mendirikan The Film Foundation pada 1990, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk restorasi dan pelestarian film.

Proyek terbarunya, "Silence", yang diangkat dari novel yang ditulis Shusaku Endo, akan dirilis akhir tahun ini di Amerika Serikat dan 2017 di Jepang.

Sementara, Kurosawa mulai membuat film 8mm saat duduk di bangku kuliah. "Sweet Home" (1989) adalah film komersial pertama yang disutradarainya, diikuti karyanya yang lain seperti "Cure" (1997), "License to Live" (1999), "Charisma" (1999), dan "Pulse" (2000) yang berhasil menarik perhatian publik.

Ia meraih Jury Prize of Un Certain Regards di Festival Film Cannes ke-61 lewat film besutannya "Tokyo Sonata" (2008) dan kembali mendapat penghargaan yang sama pada festival ke-68 untuk "Journey to the Shore" (2015).

Pemberian penghargaan Samurai Award telah memasuki tahun ketiganya. Sebuah acara khusus akan diselenggarakan, juga pada 3 November, untuk merayakan pemberian penghargaan tersebut, dengan menghadirkan Kurosawa.

Dalam acara itu, "In Person: Kiyoshi Kurosawa", akan dibahas tantangan yang dihadapi sang sutradara dalam membuat film dan perjalanan karirnya selama ini.

Festival Film Internasional Tokyo ke-29 digelar mulai 25 Oktober hingga 3 November 2016, bertempat di Roppongi Hills, EX Theater Roppongi, dan teater lainnya.

Pewarta: Heppy Ratna Sari
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016