Jakarta (ANTARA News) - Michael Jackson menempati daftar tahunan dari selebriti yang sudah meninggal dunia dengan pendapatan terbesar selama empat tahun berturut-turut, jauh melampaui sesama ikon musik Prince dan David Bowie yang wafat tahun ini. 

Jackson, yang meninggal pada 2009, memimpin dengan pendapatan 825 juta dolar AS selama 12 bulan yang berakhir pada 1 Oktober, berdasarkan perkiraan Forbes.

Pendapatan itu sebagian besar datang dari penjualan estate Jackson yang tersisa senilai 750 juta dolar AS di katalog penerbitan musik Sony/ATV - termasuk hak cipta dari banyak lagu Beatles - ke Sony Corp. 

Penjualan album Prince melejit setelah musisi itu meninggal akibat overdosis obat yang tak disengaja pada April silam. Forbes menaruhnya di posisi ke-5 dengan pendapatan yang diperkirakan senilai 25 juta dolar AS, di bawah Elvis Presley yang mendapat 27 juta dolar AS. 

Bowie, yang mengejutkan orang karena meninggal akibat kanker pada Januari hanya berselang beberapa hari setelah merilis album baru, melampaui penjualan album dan single baik Presley maupun Jackson pada 2016, namun pendapatan total penyanyi Inggris itu terbilang kecil, yakni 10,5 juta dolar AS, kata Forbes seperti dilansir Reuters. 

Legenda golf Arnold Palmer, yang meninggal di usia 87 pada September, menempati peringkat ketiga dengan pendapatan 40 juta dolar AS, sebagian besar dari lisensi dan iklan es teh dan minuman lemon Arnold Palmer, label busana, dan desain tempat golf.

Estimasi Forbes berdasarkan pada pendapatan sebelum dipotong pajak, sebelum dipotong pengeluaran manajemen dan hukum, yang dikumpulkan dari wawancara dengan pakar estate dan data penjualan rekaman, tur dan film.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016