Jakarta (ANTARA News) - Sebuah rumah produksi Inggris yang terlibat dalam pembuatan "Star Wars: The Force Awakens" didenda 2 juta dolar AS karena gagal melindungi para aktor dan pekerja setelah terjadi kecelakaan yang membuat tulang kaki Harrison Ford retak, lapor BBC.

Foodles Production, yang dimiliki Walt Disney Co, mengakui ada dua pelanggaran hukum kesehatan dan keselamatan. Keputusan itu disampaikan di Aylesbury Crown Court di Buckinghamshire, Inggris selatan.

Ford, yang berakting sabagai Han Solo, terluka ketika  terjepit di antara pintu berbingkai logam saat pengambilan gambar di Pinewood Studios, dekat London, pada Juni 2014.

Kekuatan sistem penggerak pintu itu setara dengan berat mobil kecil, kata Health and Safety Executive (HSE) London, lembaga keselamatan kerja di negeri itu.

"Ini adalah kecelakaan tak terduga," kata juru bicara HSE.

Ford yang saat itu berusia 71 tahun diterbangkan ke rumah sakit di Oxford untuk menjalani operasi kaki kirinya.

Dengan penjualan tiket global senilai lebih dari 2 miliar dolar AS, "The Force Awakens", film ketujuh dari saga Star Wars, adalah film ketiga berpendapatan kotor terbesar dalam sejarah Hollywood, di belakang "Avatar" dan "Titanic", demikian Reuters.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016