Pontianak (ANTARA News) - Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan Masjid Agung Sukadana yang dirangkai dalam kegiatan Sail Karimata 2016 yang dipusatkan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

"Rencananya, selain membuka kegiatan Sail Karimata, pak Presiden juga akan meresmikan masjid Agung Sukadana. Dijadwalkan presiden akan tiba di Pontianak, pada Jumat besok," kata Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid di Sukadana, Kamis.

Dia menjelaskan, presiden Jokowidodo juga direncanakan melakukan penanaman pohon jeruk Pontianak dan Durian Kalimantan, mengunjungi sentra informasi nelayan di Sukadana serta mengunjungi pameran potensi daerah di sekitar pantai Pulau Datok.

Melihat berbagai persiapan yang telah dilaksanakan dan kerjasama yang baik antara peemrintah pusat dan daerah, Hildi optimis terhadap keberhasilan kegiatan Sail untuk membantu percepatan pembangunan daerahnya.

"Saya yakin kegiatan ini akan memberikan efek positif pada sektor pariwisata karena ada puluhan yachter dari mancanegara sudah datang ketempat kami dan akan mengikuti rangkaian sail ini," katanya.

Ditempat yang sama, Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman Safri Burhanuddin berharap agar gelaran Sail Selat Karimata tahun 2016 ini mampu mendorong percepatan pembangunan di wilayah kawasan Selat Karimata, terutama Kayong Utara yang merupakan kabupaten pemekaran.

"Kita ingin dengan kerja bersama antara pemerintah pusat dan daerah lewat promosi wisata dan produk unggulan, empat provinsi yang terlibat di even Sail Selat Karimata bisa lebih berkembang," tuturnya.

Sementara itu, dua hari menjelang kegiatan Sail Selat Karimata 2016, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dan beberapa kementerian terkait terus berbenah.

Gotong royong antara pemerintah pusat dan daerah tersebut dimaksudkan untuk mendorong percepatan pembangunan dan promosi potensi daerah di Provinsi Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Jambi yang berada di kawasan Selat Karimata.

Sesuai jadwal, gelaran puncak Sail Karimata akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dengan didampingi oleh ibu negara Iriana Jokowi. Acara tersebut akan dilaksanakan di Pantai Pulau Datok pada tanggal 15 Oktober 2016.

Selain dihadiri oleh presiden dan ibu negara, beberapa menteri Kabinet Kerja seperti Menko Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo juga dijadwalkan akan hadir.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016