China penjarakan mantan pejabat anti-korupsi

China penjarakan mantan pejabat anti-korupsi

Ilustrasi (ANTARA News/Insan Faizin Mubarak)

Beijing (ANTARA News) - Seorang pejabat tinggi China, yang bekerja di departemen anti-korupsi hampir 20 tahun, dipenjara seumur hidup karena korupsi, kata kantor berita Xinhua, Jumat.

Jin Daoming diselidiki oleh Partai Komunis pada 2014 saat masih menjabat wakil ketua badan legislatif provinsi di Shanxi utara, salah satu titik pusat Presiden Xi Jinping dalam membongkar korupsi, yang berurat berakar.

Ia sebelumnya bekerja pada Komisi Pusat Inspeksi Disiplin, badan utama anti-korupsi partai berkuasa itu, dan menjabat wakil sekretaris jenderal.

Ia memegang beberapa posisi anti-korupsi lain sejak 1987, seperti tertulis dalam resume resminya.

Jin dinyatakan bersalah menerima suap lebih dari 120 juta yuan dalam kasus-kasus yang melibatkan proyek tambang batu bara, promosi dan penyelidikan anti-korupsi, kata Xinhua, mengutip pengadilan di kota wilayah timur Zhenjiang.

Karena Jin mengaku bersalah dan bekerja sama dalam penyelidikan, ia mendapatkan hukuman yang lebih ringan, imbuh Xinhua, yang berarti ia terhindar dari hukuman mati.

Keluarga Jin maupun pengacaranya tidak memungkinkan untuk dimintai komentarnya.

Shanxi, salah satu provinsi penghasil batu bara terbesar di Tiongkok, berada di antara pusat-pusat perang Xi melawan korupsi.

Pada Juni, pemimpin partai wilayah provinsi itu mengatakan sebagian kawasan itu sudah menjadi "kawasan bencana" terkait korupsi, namun situasinya sudah membaik.

Shanxi mengalami ledakan ekonomi yang dipicu oleh melonjaknya permintaan energi dalam dekade terakhir, salah satu alasan yang oleh media diidentifikasikan sebagai penyebab korupsi.

(Uu.S022)

Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Grup hotel internasional di China kembali beroperasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar