Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian mengapresiasi investasi industri komponen Air Conditioner (AC) oleh PT TD Automotive Compressor Indonesia (TACI) senilai Rp1,15 triliun di Kawasan Industri MM2100 Bekasi, Jawa Barat.

"Kami memberikan apresiasi kepada TACI atas kepercayaannya untuk berinvestasi dan kesungguhannya dalam membangun dan mengembangkan industri komponen kendaraan di Indonesia,” kata Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat lewat keterangan pers di Jakarta, Jumat.

Syarif menyampaikan, industri komponen otomotif terus tumbuh seiring peningkatan produksi dan penjualan kendaraan di Indonesia.

Terlebih, lanjutnya, pemerintah giat mendorong industri otomotif nasional untuk memacu penggunaan komponen lokal.

"Secara keseluruhan, saat ini terdapat 1.500 perusahaan komponen otomotif di Indonesia yang terbagi dalam Tier 1, Tier 2 dan Tier 3," kata Syarif.

Sekjen meyakinkan, beroperasinya pabrik pertama TACI ini akan memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional karena perusahaan menambah investasi, karyawan, serta meningkatkan jumlah pemasok komponen lokal dalam kegiatan produksi industri di Tanah Air.

"Secara umum, pabrik ini akan mendukung pertumbuhan industri nasional dan khususnya mendorong kinerja sektor otomotif kita dapat tumbuh positif," ujar Syarif.

Syarif pun meminta PT. TD Automotive Compressor Indonesia agar terus mengembangkan kreativitas dan melakukan inovasi melalui peningkatan kemampuan SDM lokal secara maksimal dalam kegiatan produksi agar produk yang dihasilkan semakin berdaya saing di pasar lokal maupun global.

Terkait perkembangan industri kendaraan roda empat di dalam negeri, lanjutnya, total penjualan mencapai 1 juta unit dan produksi sebesar 1,1 juta unit pada tahun 2015.

Sedangkan, dari sisi nilai investasi, industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih serta suku cadang dan aksesorisnya mencatatkan penanaman modal asing (PMA) sebanyak 1,4 juta dollar AS dan untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN) sekitar Rp930 miliar pada tahun 2015.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016