Hari Rabies Sedunia ini mudah-mudahan menjadi referensi kita untuk tetap hidup sehat."
Nias (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak anak-anak di Kabupaten Nias, Sumatera Utara, untuk hidup sehat agar dapat menyongsong masa depan yang cerah dan lebih baik.

"Hari Rabies Sedunia ini mudah-mudahan menjadi referensi kita untuk tetap hidup sehat," katanya saat membuka peringatan Hari Rabies Sedunia yang digelar di Lapangan Merdeka Kabupaten Nias, Sabtu.

Khofifah saat memberikan arahannya, meminta satu pelajar mewakili masing-masing sekolah yang ikut pawai Hari Rabies untuk untuk maju ke panggung utama dan bernyanyi bersama.

Pada kesempatan itu, ia juga membagikan 10 cendera mata bagi para siswa yang berulang tahun pada hari ini.

Setelah itu, Khofifah memberi tanda dimulainya pawai para pelajar yang pesertanya tampak semangat berjalan kaki keliling kota untuk menyosialisasikan bahaya rabies.

Tanggal 28 September diperingati sebagai Hari Rabies Sedunia, yang dipromotori dan dikampanyekan oleh organisasi Persekutuan Pengawasan Rabies (Alliance For Rabies Control/ARC). Gerakan ini pertama kalinya dicanangkan dan diperingati pada 28 September 2007.

Peringatan hari rabies sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, meningkatkan pengendalian dan meningkatkan pencegahan penyakit rabies, dan di Indonesia selama empat tahun terakhir rata-rata sebanyak 143 kematian per tahun.

Mensos berada di Nias untuk meninjau langsung pencairan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan sejumlah bantuan sosial lainnya.

Saat tiba di Lapangan Merdeka, Mensos dan rombongan disambut oleh atraksi marching band oleh pelajar setempat. Atraksi mereka yang semangat dan cukup baik, memukau Mensos yang langsung maju menghampiri dan menyalami tim marching band usai beraksi.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016