Bandung (ANTARA News) - Pekan Paralimpik Nasional XV/2016 Jawa Barat mempertandingkan 605 nomor pertandingan, kata Ketua Umum PB PON dan Peparnas 2016 Jabar Ahmad Heryawan pada upacara pembukaan pesta olahraga itu di Stadion Siliwangi Bandung, Sabtu.

"Peparnas mempertandingkan 605 nomor pertandingan dari 13 cabang olahraga. Totalnya memperebutkan 605 medali emas, 605 medali perak, dan 935 medali perunggu," kata Ahmad Heryawan yang juga Gubernur Jabar itu.

Sementara itu jumlah atlet yang terlibat pada Peparnas 2016 Jabar sebanyak 1983 atlet serta 718 official.

Ia menyebutkan, pihaknya telah mempersiapkan 14 venue untuk Peparnas yakni Stadion Siliwangi untuk upacara pembukaan dan penutupan Peparnas serta 13 venue untuk pertandingan cabang olahraga.

Menurut Heryawan, fasilitas pertandingan sesuai dengan standar nasional dan internasional serta dilengkapi dengan fasilitas pendukung untuk para difabel.

"Seluruh fasilitas itu dilengkapi fasilitasi bagi para difabel dan memenuhi standar nasional dan internasional," katanya.

Sementara itu personil penyelengara pertandingan berjumlah sebanyak 3440 wasit, juri dan petugas pertandingan serta 8318 tim pendukung yang terdiri dari liaison officer, pengemudi, administrasi dan personil pendukung lainya, termasuk personil keamanan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016