Koneksi WiFi di Terminal 3 Soetta capai 50 Mbps

Koneksi WiFi di Terminal 3 Soetta capai 50 Mbps

Bandara Soekarno-Hatta (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - PT Angkasa Pura II (Persero)mempercepat koneksi WiFi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencapai 50 Mbps sebagai bagian dari peningkatan pelayanan kepada penumpang pesawat, sehingga kecepatan koneksi WiFi tersebut maka Terminal 3 termasuk salah satu terminal penumpang pesawat dengan koneksi WiFi tercepat di dunia.

Dalam siaran persnya di Jakarta, Senin, President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya bersinergi dengan Telkom dalam menghadirkan koneksi WiFi berkecepatan tinggi ini, agar cukup banyak yang dapat dilakukan oleh penumpang pesawat dengan gadget yang terkoneksi WiFi berkecepatan 50 Mbps sehingga membuat waktu menunggu keberangkatan menjadi menyenangkan.

"Saat ini kecepatan koneksi WiFi di seluruh bandara AP II rata-rata 20 Mbps yang ke depannya juga akan ditambah menjadi 50 Mbps, di mana yang dalam waktu dekat adalah Bandara Internasional Kualanamu. Peningkatan kecepatan koneksi WiFi juga merupakan salah satu langkah awal kami dalam mengembangkan aspek teknologi informasi dan komunikasi di bandara-bandara AP II dalam program Airport Go Digital," katanya.

Untuk dapat mengakses layanan WiFi berkecepatan tinggi ini penumpang pesawat di Terminal 3 dapat memasukkan nomor telepon genggam di setiap sesi koneksi guna terhubung secara gratis selama 15 menit.

Sementara itu, bagi yang membutuhkan koneksi lebih lama dapat memilih koneksi berbayar dengan tarif Rp 5.000,- untuk 1 jam, lalu Rp 20.000,- untuk 6 jam, dan Rp 50.000,- untuk 24 jam.

Layanan WiFi dinilai merupakan salah satu kebutuhan paling utama bagi penumpang pesawat ketika mereka berada di bandara. Sejalan dengan hal tersebut, Skytrax juga menilai layanan WiFi dari tiga aspek yakni kemudahan akses, durasi bebas biaya, dan kecepatan koneksi, dalam menentukan rating dari suatu bandara.

Di samping meningkatkan layanan WiFi, sebagai bagian dari kampanye program Airport Go Digitial, AP II saat ini juga tengah mengembangkan platform smart airport mobile application yakni aplikasi di smartphone yang dapat mempermudah penumpang memanfaatkan atau menggunakan fasilitas-fasilitas di seluruh bandara yang dikelola perusahaan.

Adapun melalui peningkatan layanan WiFi dan smart airport application PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat meraih rating Bintang 5 versi Skytrax dari saat ini Bintang 3.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar