Presiden hadiri acara bakar batu di Yahukimo

Presiden hadiri acara bakar batu di Yahukimo

Sejumlah orang Suku Dani saat melakukan bakar batu di Distrik Asologaima, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Selasa (18/8/2015). Bakar Batu adalah pesta ala Suku Dani dengan memasak makanan pada perayaan atau pesta seperti menyambut kelahiran, pernikahan, tanda bersyukur, upacara kematian, hingga pesta setelah perang usai. (ANTARA FOTO/Lucky R.)

Dekai (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menghadiri acara bakar batu saat melakukan kunjungan kerja di Dekai, Ibukota Kabupaten Yahukimo, Papua.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi langsung mencicipi jagung hasil bakar batu yang dilaksanakan di Lapangan Yahukimo Bangkit, Selasa siang.

Selain itu beberapa menteri Kabinet Kerja juga mendampingi diantaranya Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Upacara bakar batu ini dilaksanakan usai acara Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang dibagikan kepada ibu hamil, balita dan anak-anak sekolah yang hadir.

"Kita bagikan roti biskuit yang diharapkan bisa menjadi gizi tambahan bagi ibu hamil, balita dan anak-anak," kata Presiden.

Namun Jokowi berpesan untuk tetap memperhatikan kebutuhan sumber protein lainnya, seperti telur, daging, serta sayur dan buah-buahan dalam mencukupi kebutuhan gizinya.

Presiden juga mengingatkan untuk tidak berlebihan dalam mengkomsumsi biskuit makanan tambahan ini karena justu akan membuat kegemukan.

Jokowi juga menjelaskan aturan makan biskuit ini kepada ibu hamil tiga bulan pertama cukup dua keping sehari, sedangkan tiga bulan ke atas tiga keping sehari.

Sedangkan untuk balita 6-11 bulan delapan keping sehari, balita 1-5 tahun 12 keping sehari dan anak-anak cukup enam keping sehari.

Dalam kesempatan ini, seperti biasa Presiden mengadakan kuis dengan hadiah tiga sepeda yang disambut meriah oleh para masyarakat yang hadir.

Usai pembagian makanan tambahan, Presiden langsung menyalami para masyarakat yang memenuhi lapangan Yahukimo Bangkit sambil membagikan buku dan kaos.

Masyarakat langsung berebut jabat tangan dan buku serta kaos yang dibagikan serta mengabadikan dengan cara foto "selfi" di depan Presiden.

Walaupun terik matahari yang menyengat tak mengendurkan semangat masyarakat Kota Dekai dan sekitarnya untuk menyambut kedatangan Presiden.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Antisipasi aksi KKB, prajurit TNI di Nduga diminta waspada

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar