Jakarta (ANTARA News) - Seorang anggota terkemuka dari akademi yang memberikan Hadiah Nobel Sastra menyebut penerima penghargaan tahun ini, musisi Bob Dylan, arogan karena dia masih belum bersuara sejak pengumuman penerima penghargaan pekan lalu.

Penyanyi dan penulis lagi asal Amerika Serikat itu tidak merespons panggilan telepon berulang dari The Royal Swedish Academy of Sciences, juga tidak menyampaikan responsnya ke publik mengenai pengumuman itu.

"Ini tidak sopan dan sombong,"kata anggota akademi, penulis Swedia Per Wastberg, dalam komentar yang disiarkan di televisi publik SVT.

Pada 13 Oktober petang, hari pemenang Hadiah Nobel Sastra diumumkan, Dylan tampil dalam konser di Las Vegas namun ia sama sekali tidak berkomentar mengenai pemberian penghargaan itu kepada para penggemarnya.

Dia menutup konser dengan menyanyikan "Why Try To Change Me Now?" versi Frank Sinatra.

Setiap 10 Desember, pemenang hadiah Nobel diundang ke Stockholm untuk menerima penghargaan dari Raja Carl XVI Gustaf dan memberikan pidato selama perjamuan.

Akademi masih tidak tahu apakah Dylan akan datang.

"Ini adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Wastberg sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Anders Barany, anggota The Royal Swedish Academy of Sciences, mengatakan Albert Einstein menghina akademi setelah diberi Hadiah Nobel Fisika tahun 1921.

Tahun 1964 penulis dan filsuf Prancis Jean-Paul Sartre juga menolak Hadiah Nobel Sastra.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016