Banjarmasin (ANTARA News) - Lebih kurang 100 penumpang Kapal Feri penyeberangan KM Berkat Bersama jurusan Austral Byna Tanjung Pandan - Halinau selamat setelah kapal yang ditumpangi mereka kandas dan kemasukan air di perairan kota setempat.

"Awalnya kapal miring karena penumpang banyak duduk di sebelah kanan lalu kemasukan air dan kandas karena saat itu air sungai sedang surut," kata Kasat Polair Polresta Banjarmasin AKP Untung Widodo Sst di Banjarmasin, Senin.

Dia mengatakan, kejadian peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (23/10) sore, sekitar pukul 18.00 WITA, di perairan Sungai Mantuil Banjarmasin Selatan.

Kapal fery tersebut hampir tenggelam di tengah perairan karena kemasukan air dan kandas, penumpang yang melihat langsung panik dan loncat ke sungai.

Untung saja saat itu sungai dalam keadaan surut sehingga dangkal dan penumpang bisa berjalan ke tepi sungai namun ada juga yang di bantu menggunakan kelotok warga yang melintas.

"Saat kejadian Satpolair Polresta Banjarmasin langsung mendatangi tempat kejadian dan melakukan pertolongan kepada para penumpang feri penyeberangan yang hampir tenggelam itu," ucapnya.

Terus dikatakannya, sampai saat ini kapal feri yang kemasukan air dan kandas itu masih berusaha dikuras airnya menggunakan alkon.

Berdasarkan hasil pendataan di tempat kejadian untuk sementara korban jiwa atas musibah itu tidak ada dan penumpang selamat semua.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016