...memang antara Presiden Jokowi dengan PM Turnbull memiliki kesepakatan untuk memajukan kerjasama di bidang `counter terorism`."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop dan delegasinya menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) salah satunya untuk membahas persiapan kunjungan Presiden Jokowi ke Australia bulan depan.

Menlu Julie Bishop dan delegasinya diterima oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, sekitar pukul 09.15 WIB.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi salah satunya oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Setelah acara itu, Menteri Retno mengatakan pertemuan salah satunya dalam konteks membahas kunjungan Presiden ke Australia yang direncanakan pada November 2016.

"Tapi memang antara Presiden Jokowi dengan PM Turnbull memiliki kesepakatan untuk memajukan kerjasama di bidang counter terorism," katanya.

Ia menambahkan, ada beberapa hal yang sudah dilakukan dalam konteks tersebut di antaranya kerja sama dalam hal "capacity building", misalnya di Semarang ada Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation.

Selain itu kerja sama Indonesia dengan Australia dan Belanda dalam rangka "capacity building" untuk menghadang gerakan terorisme.

"Poin kedua adalah memajukan kerja sama dalam isu pertukaran informasi intelijen. Saya kira itu sudah maju dengan baik. Hal ketiga yang juga perlu kita majukan, dan itu dilakukan dengan beberapa negara lain, adalah saling berbagi informasi mengenai masalah legislasi nasional dalam konteks countering terorisme," katanya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016