Samarinda (ANTARA News) - Kesebelasan Mitra Kutai Kartanegara berhasil memenuhi ambisinya kembali memetik poin penuh setelah menumbangkan Madura United dengan skor 2-1 pada laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) di Stadion Madya Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kaltim, Jumat.

Gol Mitra Kukar dicetak oleh Victor Pulga pada menit ke-16, dan Asri Akbar di menit ke-65.

Sedangkan satu gol Madura United diciptakan Munhar pada menit ke-91.

Dengan raihan tersebut, Mitra Kukar kini menempati posisi keenam klasemen sementara Torabika Soccer Championship dengan 40 poin sedangkan Madura tetap bercokol dipuncak klasemen dengan 49 poin.

Pada babak pertama, Mitra Kukar bermain menunggu dan tidak ingin terburu-buru menyerang, namun sesekali melakukan tekanan ke jantung pertahanan Madura United melalui umpan panjang yang ditujukan ke Marlon Dasilva, Dinan Jafier dan Victor Pulga.

Hasilnya pada menit ke-16, Pulga dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang Madura yang dikawal Hery Prasetyo, berhasil menyarangkan gol melalui tendangan terukurnya dari sudut sempit sehingga Mitra Kukar unggul sementara dengan skor 1-0.

Teringgal 0-1, Madura United lebih banyak menekan melalui Engelberd Sani dan Pablo Aracil.

Namun akibat ketatnya barisan pertahahan dan gelandang Mitra Kukar, membuat serangan tim Madura United berhasil dikandaskan.

Tim Berjuluk Naga Mekes yang memanfaatkan serangan balik, justru menambah keunggulan 2-0 pada menit ke-65 melalui tendangan Asri Akbar.

Permainan berlangsung sengit saling jual beli serangan hingga akhir babak kedua.

Dipenghujung laga, Munhar berhasil memperkecil ketertinggalan memanfaatkan kemelut dimuka gawang Gery Mandagi skor menjadi 1-2.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, skor tetap bertahan 2-1 utuk kenenangan Mitra Kukar.

Pelatih Kepala Madura United Gomes De Oliviera mengatakan, timnya gagal dan tidak dapat poin sama sekali, akibat pemainnya mengalami kelelahan.

"Kami main maksimal, hanya saja jadawal padat dan perjalanan jauh sehingga pemain lelah. Selain itu, Mitra Kukar juga punya materi pemain bagus," ujarnya.

Sementra Pelatih Kepala Mitra Kukar Jafri Sastra, berterimkasih kepada pemain yang bekerja keras mewujudkan mimpi mengalahkan Madura United.

"Alhamdulillah mimpi kami terwujud. Dengan poin ini, kami tetap punya harapan bertahan di papan atas, selain itu, turnaman ini menjadi sengit karena pendeknya jarak klasemen atas," kata Jafri Sastra.

Jafri mengatakan, kunci susesnya adalah sengaja bermain menunggu untuk "counter attack" dan diterapkan dengan baik oleh para pemain.

"Pablo Aracil tidak bisa berkutik. Inilah Mitra Kukar tak tergantung pada satu pemain semua bermain secara tim, kemenangan ini untuk masyarakat Kutai Kartanegara," ujar Jafri Sastra.

Pewarta: Amirullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016