Jakarta (ANTARA News) - Tim 3Fiers dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sukses merebut juara pertama Kompetisi Ide Bisnis FIFGroup 2016, sebuah ajang yang bertujuan melibatkan generasi muda dalam memajukan perekonomian Indonesia.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, PT Federal International Finance (FIFGroup) memberikan apresiasi kepada para pemenang Kompetisi Ide Bisnis FIFGroup dalam acara yang digelar di Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (28/10).

Juara kedua kompetisi ini dimenangkan oleh tim Sawah Kita dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sedangkan juara ketiga dimenangkan oleh The Molkaz juga dari ITB, kata FIFGroup dalam siaran persnya, Jumat malam.

Ketiga tim tersebut akan memperoleh hadiah dan modal kerja, masing-masing sebesar 60 juta rupiah, 40 juta rupiah, dan 30 juta rupiah.

“Kalau generasi muda ingin benar-benar berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa, mereka harus ikut berpartisipasi mengembangkan diri sendiri dan masyarakat sekitar. Melalui ide bisnis tersebut mereka kembangkan sekitar mereka secara nyata.” tutur Suhartono, Presiden Direktur & CEO FIFGroup ketika membuka acara ini.

Dengan memperebutkan total hadiah sebesar 270 jura rupiah, FIFGroup tidak hanya sekadar mencari ide bisnis yang terbaik, namun juga mendorong para pemenang untuk mewujudkan ide bisnis tersebut.

“Kami ingin generasi muda itu bisa mengekspresikan ide-ide bisnis mereka. Setelah itu, kami ingin membantu mewujudkannya, maka kami beri mereka modal kerja.” tambah Suhartono.

Dalam pelaksanaannya, Kompetisi Ide Bisnis FIFGROUP ini mengandeng banyak tokoh terkemuka di tanah air seperti Aviliani, pakar ekonomi serta komisaris independen salah satu bank nasinoal serta Prof Roy Sembel, akadmesi serta praktisi di bidang ekonomi dan bisnis.

Setelah berkunjung ke tujuh kota, yakni Jakarta, Depok, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya, Kompetisi Ide Bisnis FIFGroup menjaring 168 pendaftar hingga periode pendaftaran ditutup.

Dari 168 tim tersebut, seleksi FIFGroup memilih 25 tim terbaik yang diundang untuk menghadiri rangkaian final di Jakarta. Sejak 25 Oktober lalu, para semifinalis dibekali dengan berbagai ilmu, pengetahuan, serta pengalaman baru mengenai praktik ekonomi dan bisnis.

Melalui rangkaian seminar, workshop, dan aktivitas tersebut, para semifinalis didorong untuk mempertajam sense of business mereka.

Hasilnya, delapan tim berhasil lolos menuju grand final. Dalam tahap ini, FIFGroup tidak lagi hanya mencari sebuah ide bisnis yang applicable atau profitable dalam praktiknya, namun juga bisnis yang memiliki manfaat bagi bagi masyarakat.

Sampai akhirnya ditetapkan tiga pemenang utama yang berhak mendapatkan bantuan modal kerja bernilai puluhan juta rupiah.

Anggota dewan juri Kompetisi Ide Bisnis FIFGroup, Prof Roy Sembel dan Aviliani menyatakan kekagumannya terhadap inisiatif pelaksanaan kegiatan ini serta berharap kegiatan yang sama dapat terus dilaksanakan di tahun yang akan datang.

“Saya rasa sayang sekali apabila ini hanya dilakukan sekali saja. Kegiatan ini bagus sekali dan sangat bermanfaat bagi banyak pihak.” tutur Aviliani.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016