Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat, Bob Dylan, yang diganjar penghargaan Nobel Sastra belum lama bulan ini, kini berkata kepada penyelenggara Hadiah Nobel, Swedish Academy, bahwa dia akan menerima anugerah itu.

Dylan yang terkenal enggan disorot media itu sebelumnya tak berkomentar apa-apa menyangkut hadiah 8 juta krona Swedia dari Nobel Sastra itu, kendati Swedish Academy berulang kali berusaha mengontaknya sejak nama dia diumumkan sebagai pemenang Nobel Sastra 13 Oktober lalu.

Yayasan Nobel menyatakan dalam pernyataan tertulisnya bahwa pekan ini Dylan telah berkata kepada Sara Danius, Sekretaris Tetap Swedish Academy, bahwa sang musisi bersedia menerima penghargaan itu.

Komite yang menganugerahkan Hadiah Nobel kepada Dylan itu sudah mengatakan adalah terserah dia untuk menghadiri atau tidak, seremoni pemberian Nobel yang akan segera diadakan tahun ini.

"Telah diputuskan bahwa Dob Dylan akan menghadiri perayaan-perayaan selama Pekan Nobel di Stockholm pada Desember," umum Yayasan Nobel seperti dikutip Reuters. "Yayasan Nobel Foundation akan segera menyebarkan informasi itu begitu ada."

Secara terpisah, Dylan berkata kepada The Telegraph, Inggris, dalam sebuah wawancara, bahwa dia akan menghadiri seremoni Hadiah Nobel, seandainya dia bisa.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016