Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan turut meramaikan kegiatan lomba lari Gerombol Run 5K, yang diikuti sekitar 1.000 peserta, di kawasan di Bellanova Country Mall Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Zulkifli Hasan, yang datang langsung dari Yogyakarta, tiba beberapa saat setelah lomba dimulai.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu bersama Wakil Ketua Umum DPP PAN Bara Hasibuan serta Keta DPP PAN Didik J Racbini menyempatkan bersepeda di lokasi lomba lari GerombolRun 5K di Sentul.

Kehadiran Ketua MPR RI tersebut disambut antusias peserta lain, dengan menjabat tangan dan meminta foto bersama dan selfi.

"Saya bangga dengan kehadiran anak-anak muda yang mengikuti lomba lari ini. Anak-anak muda yang memiliki kesadaran pentingnya kesehatan. Ini luar biasa," kata Zulkifli Hasan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua MPR RI itu juga mengalungkan medali kepada 10 peserta pertama yang memasuki garis finis.

Kepada peserta lomba, Zulkifli mengungkapkan rumus kesehatan, "Kalau prestasinya bagus nilai 10, tapi tidak sehat nilainya 0 maka hasilnya 0. Tapi kalau prestasi biasa-biasa saja nilai 7 tapi sehat dengan nilai 10 maka hasilnya 70. Jadi, kalau tidak sehat sulit berprestasi," katanya.

Zulkifli pun berpesan kepada anak muda yang hadir agar meraih cita-cita dengan belajar dan bekerja keras.

Generasi muda Indonesia, kata dia, harus dapat menang dalam persaingan.

"Zaman sekarang sudah berbeda. saat ini zamannya persaingan terbuka. Siapa pun bisa menjadi apapun," ujar Zulkifli, yang mengutip ucapan Bung Karno bahwa "kalau kalah bersaing kita bisa menjadi kuli di negeri sendiri dan di negeri orang".

Menurut dia, generasi muda sekarang harus bersyukur karena lengkapnya fasilitas.

"Kalau saya dulu datang dari dusun, tapi dengan perjuangan keras bisa menjadi Ketua MPR. Kalian juga harus bisa dan lebih dari saya. Gantungkanlah cita-cita setinggi langit dan raihlah dengan belajar dan bekerja sungguh-sungguh," pesannya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016