AsiaNet 66303

CHITOSE, Jepang, 28 Oktober 2016 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

Chitose Airport International Animation Festival 2016 ke-3, sebuah festival film animasi yang seluruhnya diselenggarakan di dalam bandara, akan diselenggarakan pada tanggal 3-6 November 2016. Event ini merupakan festival film animasi berskala internasional yang dihelat di tiga teater bandara, dimana para penggemar dapat berinteraksi dengan para animator, baik dari dalam (Jepang) dan luar negeri, dengan menggunakan animasi, salah satu bentuk kebudayaan yang paling umum di dunia.  

Acara utama dari festival ini, penayangan 45 film animasi dari 22 negara, yang berhasil menyisihkan 1232 karya dari 66 negara di babak eliminasi, 130 karya lebih banyak dibandingkan kompetisi pada tahun lalu.

Selain penayangan film, kompetisi film animasi bertaraf internaisonal ini pun akan menghadirkan sejumlah program istimewa. Sebagai pembuka festival tahun ini, akan ditayangkan cuplikan film "In This Corner of the World" karya sutradara Sunao Katabuchi. Selain itu, juga akan ditampilkan "KING OF PRISM by Pretty Screening" dengan bekerjasama dengan "Bakuon (extremely loud) Screening" yang akan menampilkan hentakan suara dinamis yang dihasilkan peralatan konser, seperti yang umum digunakan pada tiap festival terdahulu. Ini lah kali pertama penyelenggaraan "Ouen (cheering up) screening" untuk membuat para hadirin bersemangat dalam hentakan untuk menciptakan atmosfer kebersamaan  "Cosplay? OK! Cheering? OK! Live dubbing? OK!"

Berkolaborasi dengan teriakan para penonton dan Bakuon Screening, "TIGER & BUNNY: The Rising" juga akan hadir. Film animasi lain yang akan ditayangkan di Bakuon Screening meliputi "Paprika" oleh sutradara Satoshi Kon dan "Alice" oleh sutradara Jan Svankmajer.

Melakukan debutnya di festival bertajuk "Listening to the Sound of Animation, Vol.1," "The Wind Rises" oleh sutradara Hayao Miyazaki akan ditayangkan setelah meningkatkan kualitas suara film ini menjadi kualitas studio, yang akan dilanjutkan dengan sesi dialog antara Kouji Kasamatsu, pengarah suara film ini, dan Tamaki Kojo, line producer Studio Ghibli.

Selain itu, selama pergelaran festival ini, akan diselenggarakan "AC Bu + group_inou Music Animation Live," kolaborasi live music dan pertunjukan VJ animasi, dan "How Do You Like Wednesday? Returns," sesi dialog antara WIT STUDIO yang memproduseri animasi di dalam buku dari program TV populer ini dan dia produser TV, Tadahisa Fujimura dan Masamichi Ureshino.

Lebih jauh lagi, di Center Plaza, venue event utama yng terletak di lantai dua dari gedung terminal domestik, akan diselenggarakan berbagai event, yang meliputi sejumlah pameran seputar "One Piece Film: Gold," "How Do You Like Wednesday? Returns", dan "TIGER & BUNNY: The Rising" serta sesi tanya-jawab dengan Hiroaki Hirata yang akan memainkan salah satu peran utama,  "Kotetsu T.Kaburagi," di film TIGER & BUNNY.

Untuk informasi lebih lanjut tentang lebih banyak program lainnya, silakan kunjungi situs resmi festival film ini di http://airport-anifes.jp/en/.


SUMBER: New Chitose Airport International Animation Festival Executive Committee

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016