Kami mengharapkan tahun depan akan lebih banyak lagi yang mengikuti festival film ini
Jakarta (ANTARA News) - "Narasi Sesepuh" film karya sutradara Nahemia Pareang dari Jakarta meraih penghargaan Film Terbaik dalam Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia ( FFPPKI) 2016, mengalahkan sembilan nominator lainnya.

Kemudian, penghargaan Sutradara Terbaik diberikan kepada Riska Talitha (Jakarta) dengan film "I Love Me", dan Pemain Terbaik untuk Suryadi Abdullah (Yogyakarta) dengan film "Kesusu" karya Wahyu Okta Nahendra, demikian seperti diumumkan penyelenggara FFPPKI, yang digelar Kementerian Pemuda dan Olah Raga di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selasa.

Sedangkan film "Setetes Koin" karya sutradara Rizki Kurniawan (Sidoarjo) memenangi penghargaan Inspirasi Terbaik dan "Pelipur Lara" karya sutradara Jehan Fransisca (Puwakarta) mendapat penghargaan kategori Pilihan Penonton.

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda dan Olahraga, Kemenpora Eny Budi Sri Haryani menyatakan, FFPPKI merupakan wujud perhatian pemerintah terhadap kreativitas dan bakat pemuda, terutama dalam bidang film.

Sejak pendaftaran film dibuka pada 17 Agustus 2016 sampai 20 Oktober 2016, sebanyak 117 judul film dari berbagai provinsi di Tanah Air didaftarkan, dilanjutkan dengan seleksi yang menyisakan 10 film.

Sebanyak 10 film fiksi dengan durasi 5 - 15 menit itu kemudian dinilai oleh dewan juri terdiri Eny Budi Sri Haryani (Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda dan Olahraga ), Sentot Sahid (editor senior, akademisi), Happy Salma (artis, sutradara, pemain teater dan penulis), Swasti Astra (Metro TV) dan Yandy Laurens (sutradara).

Selain kelima film yang mendapat penghargaan, karya lain yang masuk nominasi yakni Indigo karya sutradara Fajar Arrachman (Jakarta), Ini Tanah Kami dengan sutradara Hang Kafrawi (Pekanbaru), Layang-Layang Waktu karya sutradara Rifai Setya Aji P (Yogyakarta), Pos Kamling arahan sutradara Bagus Sabda Nur Huda (Malang) dan Unjukan besutan  sutradara M.Alvin Rahmatullah.

"Kami mengharapkan tahun depan akan lebih banyak lagi yang mengikuti festival film ini. Tahun ini merupakan yang pertama diadakan," kata Eny Sri Haryani.



(T.S025/B/Y008/Y008) 01-11-2016 13:41:31

Pewarta: Subagyo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016