Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Yudhoyono, menilai, diperlukan sinergi antara pemerintah, swasta dan masyarakat untuk membangun wisata sejarah yang menarik dan menyenangkan.

"Sinergi baik bisa mewujudkan wisata sejarah yang menarik dan menyenangkan wisatawan," ujar dia, di kawasan Kota Tua Jakarta, Rabu.

Sinergi tersebut, kata dia, berupa pemerintah mengeluarkan aturan yang baik serta pengelola memikirkan keberlanjutan agar jangan sampai kedodoran sehingga tidak menguntungkan untuk memelihara fasilitas.

Selanjutnya masyarakat setempat/lokal berupa seniman dan sejarawan yang memiliki pengetahuan serta minat luar biasa pada museum dapat membantu.

Agus mengatakan ingin mengembangkan potensi museum untuk membangun Jakarta menjadi kota pintar kreatif dan hijau.

Untuk pedagang barang-barang kesenian yang berada di lokasi-lokasi wisata, menurut dia, dapat menjadi daya tarik tersendiri, tetapi membutuhkan tempat khusus agar lebih rapi.

"Bisa menjadi daya tarik sendiri, tidak hanya tradisional, tetapi juga karya kontemporer, itu harus ada tempatnya. Harus ada kanalnya, harus disiapkan. Pemerintah bekerja dengan elemen setempat," tutur ayah Almira Tunggadewi itu.

Sementara terkait pendapatan dari wisata museum, ia ingin meningkatkannya untuk membangun perekonomian di sekitar tempat wisata.

"Paling penting serius meningkatkan pemasukan melalui wisata dan turisme karena memberikan manfaat yang luar biasa. Tidak hanya untuk masyarakat lokal, tetapi juga Indonesia," kata dia.

Pewarta: Dyah Dwi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016