PSM Undip borong gelar pada kompetisi di Spanyol dan Praha

PSM Undip borong gelar pada kompetisi di Spanyol dan Praha

Universitas Diponegoro (Undip) (id.wikipedia.org)

Semarang (ANTARA News) - Paduan Suara Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang meraih beberapa prestasi pada dua kompetisi paduan suara internasional di Spanyol dan Praha.

"Ini merupakan suatu berkat yang luar biasa dan kami terharu mendapatkan banyak penghargaan," kata Ketua Kontingen Paduan Suara Mahasiswa Undip Han Arfian Arbi di Student Center Undip Semarang, Kamis.

PSM Undip pada kompetisi "5th Canta Al Mar Festival Coral Internacional Calella" di Spanyol meraih 1st winner champion of category untuk kategori sacred choir music dan mixed choir difficulty level 1. Selain itu, juga mendapat juara ketiga pada kategori folklore.

Sedangkan pada kompetisi di "30th Prague Cantat 2016" di Praha, Republik Ceko, PSM Undip mendapatkan tempat pertama pada kategori folkore dan tempat kedua untuk kategori mixed choir.

Selain itu, penghargaan lainnya yang diterima adalah hadiah spesial untuk koreografi terbaik dan hadiah spesial kepada Jefry Franklin Bode sebagai konduktor terbaik.

Raihan di beberapa kategori ini membuat PSM Undip meraih gelar "Grand Prix Winner" atau juara umum di Praga Cantat.

Untuk diketahui, lomba intekultur di Spanyol diikuti oleh 49 kelompok paduan suara dari 24 negara dan sebanyak 23 kelompok dari 12 negara yang mengikuti kompetisi di Praha.

"Untuk kompetisi internasional seperti ini semua peserta memiliki kualitas dan ciri khas masing-masing yang tidak bisa diremehkan. Sekalipun berasal dari perwakilan negara yang sama, kompetisi berjalan sangat kompetitif. Untuk penilaian setiap peserta, juri mengikuti aturan yang ada," kata Han.

Salah satu anggota PSM Undip Axel Alexander mengatakan, saat mengikuti kompetisi, mereka juga menampilkan keahlian dalam bernyanyi jamming di jalan dan mendapatkan respon dan apresiasi yang baik.

Diakuinya, satu kendala yang dihadapi selama di Praha khususnya hanya pada masalah cuaca dan angin yang kencang karena mulai memasuki musim dingin.

Pewarta: Aris Wasita Widiastuti
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Hoaks atau Benar - Akun twitter Tommy Suharto kritik keras pemerintah? Mahasiswa baru UNDIP harus bayar 87 miliar?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar